Bangunan Kelas SDN Gunung Biru Simpenan Sukabumi Ambruk Diguncang Gempa

Rabu, 01 Maret 2023 - 13:12 WIB
Bangunan Kelas SDN Gunung Biru Simpenan Sukabumi Ambruk Diguncang Gempa
Bangunan Kelas SDN Gunung Biru Simpenan Sukabumi Ambruk Diguncang Gempa

TatarSukabumi.ID - Bangunan kelas SD Negeri Gunung Biru di Kampung Cimapag RT 03 / RW 09, Desa Loji Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, roboh.

Koordinator Pusdalops pada BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna, kepada TatarSukabumi.ID menyebut robohnya bangunan kelas 3 SD ini dipicu Gempa berkekuatan 4.0 SR tadi malam.

"Laporan dari petugas kami di lapangan, robohnya bangunan tepat saat terjadi gempa sekitar pukul 20.11 WIB tadi malam," ungkap Daeng Sutisna, Rabu (01/03/2023).

BACA JUGA : Hujan dan Terjangan Angin Rusak Rumah Sekaligus Tempat Ngaji di Tamanjaya Ciemas

Lanjut Daeng, luas bangunan kelas dengan lebar 6 dan panjang 12 meter ini sebelumnya memang dinilai kurang layak pakai, mengingat kondisi bangunan telah lapuk.

"Sehingga saat gempa yang menurut BMKG akibat aktivitas sesar Cimandiri bangunan kelas ini ambruk," ungkapnya.

BPBD memastikan tidak ada korban luka maupun korban jiwa atas bencana ini.

BACA JUGA : Longsor Ancam Rumah Warga Nagrak Sukabumi

Untuk diketahui Gempa Tektonik bermagnitudo 4.0 SR Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa terjadi pukul 20.11.48 WIB, Selasa tadi malam.

Keterangan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami pada BMKG Dr. Daryono, menyebut episenter gempa terletak pada koordinat 7.03 Lintang Selatan dan 106.64 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km Tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 3 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," terang Daryono kepada TatarSukabumi.ID tadi malam.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI