Intip Strategi Baznas Kota Sukabumi di Tahun 2023 Target 7,5 Miliar 

Kamis, 19 Januari 2023 - 14:34 WIB
Intip Strategi Baznas Kota Sukabumi di Tahun 2023 Target 7,5 Miliar 
Intip Strategi Baznas Kota Sukabumi di Tahun 2023 Target 7,5 Miliar 

TatarSukabumi.ID - Momentum HUT Baznas RI yang diperingati setiap 18 Januari tingkat Kota Sukabumi dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi, penyampaian laporan capaian kinerja tahun 2022 sekaligus launching program kerja di tahun 2023 oleh Baznas Kota Sukabumi.

Hal tersebut diungkap Ketua Baznas Kota Sukabumi, Miftah Amir, kepada TatarSukabumi.ID saat ditemui di ruangan kantornya, kawasan Gedung Islamik Center, Jalan Veteran II nomor 2, kelurahan Gunungparang, Cikole, Kota Sukabumi, Kamis (19/01/2023).

Dalam HUT Baznas RI 2023 yang dihadiri Walikota Sukabumi Achmad Fahmi bersama sejumlah OPD, Baznas Kota Sukabumi berikan anugerah penghargaan kepada UPZ dan Muzakki prioritas.

Kepada TatarSukabumi.ID Miftah Amir menyebut, Baznas Kota Sukabumi berhasil meningkatkan penghimpunan zakat.

"Untuk capaian tahun 2022 mengalami pertumbuhan 27 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 5,5 miliar, sementara di tahun 2022 mencapai 6,9 miliar," ungkap Miftah Amir, Kamis (19/01).

"Jadi dulu targetnya 6,6 M menjadi 6,9 M di tahun 2022, jadi kita melebihi target 4,5 persen," sambung Dia.

BACA JUGA : Peran Camat se-kabupaten Sukabumi Songsong Pemilu 2024 dan Pilkades 2023

Berbanding lurus dengan peningkatan penghimpunan zakat, di tahun 2022 Baznas Kota Sukabumi berhasil meningkatkan pendistribusian sehingga lembaga penghimpun zakat ini mendapat anugerah penghargaan dari Baznas Provinsi Jawa Barat.

"Dari 6,9 M kita berhasil distribusikan sekitar 5,6 M atau sekitar 82 persen. Capaian ini melebihi target aturan pendistribusian yakni harus di atas 80 persen. Sehingga kita mendapat apresiasi dari Baznas Provinsi menjadi Nominasi Rasio Penyaluran Terbaik kedua se-Jabar," beber Miftah Amir.

Kesuksesan capaian Baznas Kota Sukabumi di tahun 2022 menjadi motivasi dalam peningkatan kinerja di tahun ini, menurut Miftah, di tahun 2023 pengumpulan ditargetkan meningkat hingga diangka 7,5 miliar.

"Jadi kami ratakan kenaikan dikisaran 25 persen setiap tahun," ungkapnya.

BACA JUGA : Kapolres Sukabumi Maruly Pardede Disayat Belati Tajam Pada Bagian Wajah

Untuk mencapai target pengumpulan sebesar 7,5 M di tahun 2023 ini, sejumlah upaya telah dilakukan Baznas Kota Sukabumi, baik secara direct melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) maupun secara online.

"Strategi kami lakukan dengan penambahan UPZ jadi ada 100 UPZ DKM baru, dan dua aplikasi yang kami launching yakni aplikasi zakat kota Sukabumi (Azaki) untuk mempermudah masyarakat yang mau berzakat dan kedua melalui link SaungAmal.com," beber Miftah.

Upaya pengumpulan melalui sistem online yang dilakukan Baznas Kota Sukabumi dinilai cukup berhasil, Miftah optimis di tahun 2023 ini kenaikan target pengumpulan dapat tercapai.

"Di tahun 2022 kami mengalami kenaikan di infak sebesar 210 persen dan itu dihasilkan dari online sehingga itu dinilai cukup efektif," ungkap Miftah.

BACA JUGA : Awas Pedofil, 9 Tersangka dari 4 Kasus Asusila di Sukabumi Korbannya Bocah Dibawah Umur

Lebih jauh Miftah berharap, pada tahun kedua kepemimpinannya, Baznas Kota Sukabumi mampu tumbuh lebih baik.

"Kami menyebut tahun 2023 itu sebagai tahun pertumbuhan setelah sebelumnya di 2022 kita menyebut sebagai Baznas Reborn," tukasnya.

"Tahun ini kami akan genjot agar semua tumbuh termasuk pendistribusian dan pendayagunaan," sambung Dia.

Untuk pendistribusian di tahun 2023, Miftah menyebut Baznas Kota Sukabumi akan lebih menerapkan strategi pembinaan.

"Nantinya Kami akan membatasi pendistribusian dengan (sistem) charity tapi akan meningkatkan dengan pemberdayagunaan dalam bentuk pembinaan, jadi nanti akan ada program pelayanan zakat masjid terpadu (Plaza Master)." Tandasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI