Intip Skenario Politik PKB Tambah 4 Kursi di Kabupaten Sukabumi dan 8 Kursi DPRD Jabar

Selasa, 15 Juni 2021 - 13:54 WIB
Intip Skenario Politik PKB Tambah 4 Kursi di Kabupaten Sukabumi dan 8 Kursi DPRD Jabar
Intip Skenario Politik PKB Tambah 4 Kursi di Kabupaten Sukabumi dan 8 Kursi DPRD Jabar

TatarSukabumi.ID - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sukabumi targetkan 10 kursi Legislatif di Pemilu 2024 mendatang.

Saat ini Partai yang telah mengantongi 6 kursi keterwakilan rakyat di DPRD Kabupaten Sukabumi optimis bisa merebut 4 kursi baru di Pemilu mendatang.

Isu gender menjadi sorotan utama Partai Kebangkitan Bangsa, dari 4 kursi DPRD Kabupaten Sukabumi, PKB menargetkan 2 kursi akan diraih oleh keterwakilan kalangan perempuan.

Hal tersebut diungkap Yuningsih Ketua DPW Perempuan Bangsa Provinsi Jawa Barat disela pelantikan Jajaran Pengurus DPC Perempuan Bangsa Kabupaten Sukabumi yang merupakan garda depan Sayap Partai Kebangkitan Bangsa.

BACA JUGA : PKB Bidik 6 Kursi DPRD Kota Sukabumi

Politisi wanita yang saat ini duduk di Komisi II DPRD Provinsi Jabar kepada TatarSukabumi.ID memastikan PKB mampu mengantarkan keterwakilan perempuan di kursi legislatif.

"Kita targetkan 10 sekarang ada 6 dengan tidak menggangu kursi yang ada tetapi ditambah 4, dua dari laki laki, kita ngalah dua saja dulu untuk perempuan gak papa," ungkap Yuningsih, Selasa (15/6/2021).

Guna mensupport dan mewujudkan capaian target 2 kursi DPRD bagi perempuan, Yuningsih mengaku telah menyiapkan skenario politik yang akan diterapkan di Pemilu mendatang.

Kepada TatarSukabumi.ID Yuningsih mengungkap sedikit strategi politik yang akan akan diterapkan guna mencapai target 2 kursi keterwakilan perempuan di Dewan.

BACA JUGA : Produk Hukum dan Isu Pertanahan di Kabupaten Sukabumi

Dengan cara menempa secara khusus calon wakil rakyat dari kalangan perempuan serta memberikan nomor urut istimewa bagi kader di Pileg.

"Saya melihat Sekretaris DPC juga sangat respon kepada perempuan beliau ketua Fraksi juga," ungkap Yuningsih.

"Nanti kita akan memberikan pendidikan politik secara intens, kita akan berikan motivasi, karena ada trik triknya orang akan duduk disana (Dewan) ada caranya bukan hanya semangatnya saja," sambung Dia.

"Jadi nanti juga nomor urut harus ada nomor prestise bagi perempuan. Jadi kalau ada 6 dapil di Sukabumi berikan nomor prestise di dua dapil untuk perempuan," tandasnya.

BACA JUGA : Sakit Membawa Berkah Polisi Ini Sukses Bisnis Madu dan Ternak Lebah

Tidak hanya mendongkrak suara di tingkat Kabupaten, Yuningsih optimis PKB dapat menambah 8 kursi di DPRD Jawa Barat dari 12 kursi yang saat ini diraih PKB.

Yuningsih targetkan 4 kursi baru di DPRD Provinsi Jabar diisi wanita, dan salah satunya harus dapat diraih keterwakilan wanita dari Sukabumi.

"Di Provinsi sudah tercapai 12 kursi kami menargetkan 20 kursi di 2024 mendatang. Tidak muluk muluk lah berarti tambahnya 8 kursi, di Provinsi saat ini ada 2 dewan wanita, nanti kita ingin tambah 4. Saya ngotot di provinsi ada target penambahan 8 kursi dan 4 adalah untuk perempuan," jelas Yuningsih.

"Jadi kalau nanti 20 kursi laki -laki 14 wanita 6 kursi. Untuk Sukabumi akan Saya prioritaskan, karena Saya optimis yang akan mendapat kursi perempuan itu adalah Kabupaten Sukabumi," tukasnya.

Apabila target capaian ini bisa diraih PKB, Yuningsih memastikan di Pemilu tahun 2024 mendatang Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa dapat melenggang sebagai Calon Presiden.

"Tidak hanya di legislatif, kita juga akan mendukung kader terbaik kita Cak Imin untuk menjadi Presiden di 2024. Ini akan Kita siapkan," pungkasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI