50 Milyar Target Baznas Kabupaten Sukabumi dari Hasil Zakat Tahun 2019

Senin, 27 Mei 2019 - 00:00 WIB

50 Milyar Target Baznas Kabupaten Sukabumi dari Hasil Zakat Tahun 2019
50 Milyar Target Baznas Kabupaten Sukabumi dari Hasil Zakat Tahun 2019
Banner Dalam Artikel

Baznas Kabupaten Sukabumi targetkan 50 M dari hasil Zakat tahun 2019


TatarSukabumi.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi targetkan 50 Milyar rupiah dari hasil pemungutan zakat fitrah, zakat infaq, shadaqah dan zakat mall dari 47 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi melalui Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) Kecamatan di Tahun 2019.


Hal itu diungkap Kepala bagian administrasi umum dan kepegawaian, Baznaz Kabupaten Sukabumi, Muhammad Amaludin kepada TatarSukabumi.ID.


"Sebagimana Tahun lalu kita masih berharap diangka 60 milyar, mudah-mudahan tahun ini juga kita bisa mencapai target tersebut," ungkap Kamaludin, Senin (13/5/2019).


BACA JUGA : Baznas Kota Sukabumi Targetkan 6 Milyar Dari Zakat Fitrah 2019


Lebih jauh kata Dia, Baznas telah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh UPZ tingkat Kecamatan, selanjutnya UPZ ditugaskan untuk mengkoordinir zakat dengan pungutan diangka 30 ribu rupiah.


"Jumlah tersebut terdiri dari zakat fitrah senilai 27.500 rupiah dan infaq shadaqah sebesar 2.500 rupiah," jelasnya. 


Adapun konsep pendistribusiannya, nantinya berkisar 80% akan dilaksanakan di UPZ Masjid, hal itu dilakukan agar zakat fitrah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dimana zakat fitrah tersebut dikumpulkan.


"Sisanya akan masuk sebesar 1% ke Baznas Kabupaten Sukabumi dan 19 persennya akan masuk ke UPZ desa dan UPZ Kecamatan. Kita arahkan agar zakat tersebut disalurkan untuk Amilin (pelaku pelaksana zakat) dan untuk fisabilillah," beber Kamaludin.


BACA JUGA : Jualan Sesuai Syariat Islam, Jongko Barokah Sukabumi Beri Pinjaman Lunak 36 Juta Rupiah


Pemungutan zakat tersebut dilakukan berupa kupon yang akan disebar di 47 Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi dengan total sebanyak 1,5 juta lembar kupon.


Baznas berharap, zakat tersebut nantinya bisa membantu tokoh agama, ulama, dan tokoh masyarakat dalam proses mendidik masyarakat dibidang agama.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi