Porsenida XVII Wilayah Pajampangan Kabupaten Sukabumi

Kamis, 23 Februari 2023 - 11:12 WIB
Porsenida XVII Wilayah Pajampangan Kabupaten Sukabumi
Porsenida XVII Wilayah Pajampangan Kabupaten Sukabumi

TatarSukabumi.ID -Setidaknya 67 sekolah tingkat SLTP ikuti Pekan Olahraga Seni, Pendidikan dan Agama (Porsenida) ke XVII yang diinisiasi oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Sukabumi dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri di Lodaya Sentra Surade, Kamis (23/2/2023).

Panitia penyelenggara Dadang Sadrah menjelaskan, Porsenida berlangsung selama sepekan mulai 23 Februari hingga 1 Maret, diikuti oleh 67 Mts dan SMP.

Tiga cabang lomba dipertandingkan dalam Porsenida kali ini antara lain Kesenian, Pendidikan, dan Keagamaan.

Lomba Kesenian meliputi, kesenian singing, paduan suara, kaligrafi, dan desain poster. Lomba Pendidikan, story telling, reklamasi puisi, pidato bahasa arab, aksara sunda, dan uji kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran. Adapun untuk Keagamaan ialah MHQ, MTQ, MSI dan FQK.

BACA JUGA : Bupati Sukabumi Resmikan Sekolah Tahfidz Quran Kurnia Islamic Boarding School

Wakil Bupati Sukabumi  Iyos Somantri mengatakan, Porsenida ke XVII diyakini mampu mencetak bibit atlet berprestasi dan berkualitas yang nantinya dapat mengharumkan Kabupaten Sukabumi baik di kancah nasional maupun internasional.

"Kami sangat berterimakasih kepada MAN 3 Sukabumi yang telah menginisiasi kegiatan ini karena bisa mencetak generasi muda yang berkarakter dan berdaya saing" Ucap Iyos Somantri.

Wabup menyebut, Porsenida juga merupakan kesempatan bagi lembaga sekolah, sebagai ajang uji kemampuan dan keterampilan siswa.

"Kegiatan ini sangat luar biasa, antusias siswa juga begitu banyak, dan semoga ini menjadi pengembang kemampuan prestasi generasi muda sebagai generasi bangsa" Tandasnya.

BACA JUGA : Sempat Kabur Pasca Tabrakan Maut di Cibadak Sopir Tronton Serahkan Diri ke Polisi

Ditambahkan Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sukabumi, Budianto, mengungkapkan, feedback Porsenida akan memunculkan bibit atlet baru khususnya di daerah pajampangan.

Selanjutnya sambung Dia, Disbudparpora akan berkoordinasi dengan Igornas untuk selanjutnya dikembangkan dalam cabang olahraga yang ada di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sukabumi.

Oleh karena dirinya berharap, seluruh sekolah untuk bisa melakukan penjaringan bibit atlet baru untuk ditindaklanjuti, dan melaporkannya ke Igornas tingkat Kecamatan maupun Kabupaten, mengingat di tahun 2023 akan dilaksanakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA). 

"Semoga dalam pelaksanaan Popda nanti Kabupaten Sukabumi bisa memberikan torehan prestasi yang mengharumkan daerah" Ucap Budiarto.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI