Saba Desa Bupati Sukabumi, Terungkap Inilah Sejumlah Destinasi Wisata di Cicantayan

Kamis, 28 Februari 2019 - 00:00 WIB

Saba Desa Bupati Sukabumi, Terungkap Inilah Sejumlah Destinasi Wisata di Cicantayan
Saba Desa Bupati Sukabumi, Terungkap Inilah Sejumlah Destinasi Wisata di Cicantayan
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Bupati Sukabumi melakukan kunjungan kerja bertajuk Saba Desa dalam rangka pengembangan potensi dan promosi wilayah Kabupeten Sukabumi, Senin (25/2/2019).


Kali ini Marwan Hamami melakukan Saba Desa mengunjungi pusat informasi wisata pedesaan yang berada di Desa Cimahi wilayah bagian Utara Kabupaten Sukabumi yang berjarak tidak jauh dari pusat Kota Sukabumi.


BACA JUGA : Siswa SMKN I Sukalarang Sukabumi Juara Pertama Lomba Kaligrafi Tingkat Provinsi Jawa Barat


Kepada TatarSukabumi.ID Marwan Hamami mengungkapkan perlunya peningkatan pengembangan potensi desa sehingga dapat menimbulkan dampak positif bagi masyarakat.


"Pemikirannya harus bisa diadopsi yang bisa memberikan dampak positif di mana potensi desa Ini bisa memberikan percepatan pemberdayaan ekonomi dan bisa mensejahterakan masyarakat sekitar," ujar Marwan Hamami, Senin (25/2//2019).


Masih menurut Bupati Sukabumi, nantinya, beberapa Desa se-Kecamatan Cicantayan bersepakat akan menjalin kerjasama dibidang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).


"Intinya nanti Bumdes ini akan konsentrasi di sektor pariwisata, dan mereka akan kerjasama dengan warung warga, jadi nanti setelah berwisata di Cicantayan mereka bisa makan di tempat tersebut dan membeli oleh-oleh Cantayan" ungkap Marwan Hamami.


BACA JUGA : Rampas Motor Modus Hipnotis, Warga Otista Sukabumi Dirampas Motornya di Sukaraja


Ditempat sama, Camat Cicantayan, Sendi Apriandi mengungkapkan tidak hanya objek wisata, Cicantayan memiliki keanekaragaman budaya dan tradisi hingga ekonomi kreatif masyarakat.


"Daerah ini memiliki delapan Kecamatan, disetiap desa memiliki potensi wisata yang perlu dikembangkan, diantaranya objek wisata alam yang dapat memicu adrenalin seperti wisata offroad yang melintasi hutan gunung walat, selanjutnya wisata goa seperti goa sarongge, goa putih, sampai Goa Lalay (kelelawar)," jelas Sendi Apriandi, Senin (25/2/2019).


BACA JUGA : Bertentangan Dengan Pancasila, Heri Gunawan Tolak RUU PKS


Diakhir kunjungan kerjanya, Bupati Sukabumi menikmati makanan di warung warga yang cukup terkenal, Warung Mang Udin Cicantayan.


"Warung Mang udin ini udah lama terkenal, dan (Saya) sering makan disini, nah ini salah satu paket wisata yang  sederhana di Desa Cisande," ungkap Bupati Sukabumi.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID Panitia acara menginformasikan beberapa
Potensi yang recomended untuk dikunjungi diwilayah Cicantayan diantaranya lingkungan UKM dan Saung Pingku, Desa Sukadamai Goa Sarongge, Desa Cicantayan Cibiru Cihaur, Desa Cimahi Lemah Duhur,Tubing Bantar Karet, Bantar Karet Resort, Vista Gedogan, serta Wisata agro manis dan Rumah Panggung di Desa Cimanggis.(*)


Reporter : Rapik Utama / Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi