Rangkaian Pesta Budaya Sunda Meriahkan HUT TNI ke-77 Kecamatan Nagrak Sukabumi

Minggu, 09 Oktober 2022 - 12:54 WIB
Rangkaian Pesta Budaya Sunda Meriahkan HUT TNI ke-77 Kecamatan Nagrak Sukabumi
Rangkaian Pesta Budaya Sunda Meriahkan HUT TNI ke-77 Kecamatan Nagrak Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Rangkaian perayaan HUT TNI ke-77 tahun 2022 Koramil Nagrak Kodim 0607 Sukabumi, melaksanakan Pengukuhan Komunitas Budaya Sunda Unit Pengembangan Kesenian Daerah Binaan dirangkai kegiatan bakti sosial dan penampilan seni Rajah Bubuka Karinding, Tarawangsa, Pencak Silat dan Rampak Gendang, dilaksanakan di Lapang Gumbira, Desa Nagrak Selatan, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (08/10/2022).

Danramil 0607/10 Nagrak, Kapt. inf Mahmud menyatakan terima kasih kepada jajaran Komunitas Budaya Sunda dan pihak pihak yang turut andil dalam memeriahkan HUT TNI ke 77.

"Kegiatan ini dapat terselenggara dalam rangka meriahkan HUT TNI ke-77 sebagaimana motto, TNI Adalah Kita, bahwa TNI bersama rakyat, karena tanpa rakyat TNI tidak bakalan kuat," ungkap Mahmud mewakili Dandim dan Kasdim 0607 yang tidak bisa hadir mengingat tengah melaksanakan penanganan bencana banjir di Cikole Sukabumi.

BACA JUGA : Tanggapan Otto Hasibuan dan Marwan Hamami Terkait Pelantikan Ferdy Ferdian Sebagai Ketua DPC Peradi Cibadak

Sebagai pembina Komunitas Seni Budaya Sunda, Mahmud mengaku tersentuh untuk mendukung dan melestarikan seni budaya Sunda.

"Komunitas ini dengan bimbingan langsung dari Pangdam III Siliwangi turun kepada Kodim lalu saya kukuhkan menjadi keluarga besar Kodam III Siliwangi dan Kodim 0607 kota Sukabumi bimbingan Koramil 0607-10 Nagrak," ungkap Mahmud.

"Sebanyak 20 Paguron (perguruan) kota dan kabupaten Sukabumi yang ada disini resmi menjadi keluarga besar Siliwangi, saya haturkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama mensukseskan kegiatan ini," ungkap Danramil Nagrak.

BACA JUGA : Operasi Zebra Lodaya 2022 Sat Lantas Polres Sukabumi Kota Sisir SLB

Ditempat yang sama, Ketua Komunitas Budaya Sunda, Gunawan kepada TatarSukabumi.ID menyatakan apresiasi kepada seluruh unsur Muspika Nagrak dan semua pihak yang telah turut berperan menyukseskan acara ini.

Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah momentum bagi paguyuban bersatu beriringan dan kompak.

"Sebuah kebanggaan tersendiri dimana awal mula berdirinya komunitas ini atas bimbingan Danramil yang bertepatan dengan pelaksanaan HUT TNI ke-77," ungkap Gunawan.

"Dari hati sanubari tanpa pamrih, mengangkat dan melestarikan derajat seni tradisional yang ada di Jawa barat  khususnya Nagrak Sukabumi agar bisa maju berkembang dan diterima masyarakat. Dengan sebuah pemahaman pada kesadaran jati rasa bahwa kita sepatutnya mencintai budaya Sunda budaya warisan leluhur Siliwangi ," Beber Gunawan, Sabtu (8/10/2022).

BACA JUGA : Perayaan Perempuan Indonesia Raya Kota Sukabumi ke-14 Bersama Heri Gunawan

Turut hadir dalam acara ini Asisten Daerah (Asda) mewakili Bupati Sukabumi dan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar.

Menurut Hera Iskandar pagelaran seni budaya sunda ini menjadi momentum baik memaknai TNI manunggal bersama Rakyat, menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila.

"Saya apresiasi dan terimakasih atas kerja keras seluruh panitia serta jiwa semangat seluruh Paguron Silat yang telah memperlihatkan karya dan prestasinya, ngamumule seni budaya Sunda itu perlu di teladani dan patut didukung oleh pemerintah dan pihak lainnya." ungkap Hera Iskandar.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI