Operasi SAR Pencarian Korban Tenggelam di Perairan Sangrawayang Palabuhanratu

Rabu, 14 September 2022 - 08:23 WIB
Operasi SAR Pencarian Korban Tenggelam di Perairan Sangrawayang Palabuhanratu
Operasi SAR Pencarian Korban Tenggelam di Perairan Sangrawayang Palabuhanratu

TatarSukabumi.ID - Tim SAR kembali melakukan operasi pencarian atas laporan korban tenggelam di Perairan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (14/09/2022).

Tim SAR gabungan lakukan pencarian terhadap seorang nelayan yang hilang ketika sedang mencari ikan pada senin (12/9) sekitar pukul 07.00 WIB di Perairan Pantai Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Kita telah turunkan personil untuk bergabung dengan unsur SAR gabungan yang ada di lapangan sejak siang tadi," ungkap Fazzli, Kepala Kantor SAR Jakarta, selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi ini.

BACA JUGA : Bansos BBM dan BPNT Wilayah Cibadak Akan Cair Besok

Sebelumnya, pada Minggu (11/9) pukul 17.00 WIB, Korban bersama dua orang rekannya berangkat mencari ikan di sebuah Bagan (Rumpon) di Perairan Sangrawayang.

Ketiganya sempat bermalam di Rumpon tersebut, pada Senin (12/9) pagi, korban tidak ada diatas Rumpon temannya berpikir korban telah berangkat duluan menepi ke daratan.

Dua temannya lalu beranjak kembali ke daratan, namun mereka menjumpai istri korban belum bertemu suaminya.

Penasaran, kedua  teman korban kembali ke Bagan dan melakukan pencarian namun tidak menemukan korban.

"Hingga Selasa (13/9) siang, korban tidak kunjung kembali ke rumah. Keluarga melaporkan kejadian, selanjutnya Tim Rescue Pos SAR Sukabumi diterjunkan di titik awal lokasi kejadian," kata Fazzli.

BACA JUGA. : Dengan Pak Cepot Urus Dokumen Kependudukan Selesai Sehari di Disdukcapil Kabupaten Sukabumi

Operasi pencarian terhadap korban dilakukan oleh dua SRC, tim pertama melakukan upaya penyisiran menggunakan perahu karet di sekitar lokasi kejadian, sementara tim kedua melakukan upaya penyisiran melalui jalur darat dengan pengamatan secara visual di sepanjang bibir pantai hingga radius 2 Kilometer dari lokasi kejadian.

"Pencarian terhadap korban melalui proses penyisiran hingga petang tadi masih belum membuahkan hasil, pencarian dilanjutkan pagi ini," ungkap Fazzli.

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini erdiri dari Pos SAR Sukabumi, Samapta Polres Sukabumi, Pol Air Polres Sukabumi, Polsek Simpenan, P2BK Simpenan, Satpol PP Simpenan, Pemdes Sangrawayang, Kadus Cibeas, SSV, RAPI Lokal, Balawistsa, MRI Kab.Sukabumi, Pramuka Peduli, CBP Palabuhanratu, dan Masyarakat Nelayan.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI