HPSN 2019 Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Minggu, 24 Maret 2019 - 00:00 WIB

HPSN 2019 Taman Nasional Gunung Halimun Salak
HPSN 2019 Taman Nasional Gunung Halimun Salak


TatarSukabumi.ID - Kawasan Taman Nasional Halimun Salak (TNGHS) dengan puncak tertinggi Gunung Salak yang berada di ketinggian 2211 Mdpl (meter diatas permukaan laut) memiliki keaneka ragaman hayati yang kaya mulai dari binatang endemik diantaranya Owa Jawa, Elang Jawa, Surili, Macan Jawa yang termasuk satwa dilindungi yang terancam punah.


TNGHS resort Kawah Ratu yang berada Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Jawa barat dengan ketinggian berada diatas 1300 Mdpl dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 Balai TNGHS  bekerjasama dengan sejumlah komunitas peduli dan pemerhati lingkungan hidup menyelenggarakan kegiatan Sapu Gunung, Senin (4/3/2019).


BACA JUGA : Liga Futsal Teknika 2019 Sukabumi, 16 Sekolah Bertarung SMPN 1 Cibadak Juara


Pitra Panderi selaku Kepala Seksi SPTNW III Sukabumi, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan bahwa acara yang dilaksanakan hari ini digelar secara serentak sesuai dengan arahan Menteri.


"Sesuai dengan arahan Menteri acara ini serentak dilasanakan, alhamdulillah peserta hadir dan melaksanakan Sapu Gunung dengan memunguti sampah jumlah sampah yang terkumpul 515,5 kilogram," ujar Pitra Panderi Senin (4/3/2019).


BACA JUGA : Sapu Gunung Diatas Ketinggian 1300 Mdpl Kawah Ratu Taman Nasional Halimun Salak


Pitra berharap Sapu Gunung bukan hanya kegiatan simbolis, namun dapat memberi dampak positif bagi para individu dan dapat diimplementasikan dalam prilaku keseharian.


"Harapannya ini bukan hanya acara simbolis saja, karena tadi yang terlibat juga banyak, ada dari sakawana bhakti, komunitas pencinta alam jadi setelah ini bisa diwujudkan nyata, minimal dalam prilaku mereka dalam penggunaan bahan bakunya yang ramah lingkungan," harapnya.


Diakhir acara, seluruh kegiatan ditutup dengan apel evaluasi, Panitia memastikan seluruh peserta kembali berkumpul dititik awal Lembah Damar dan tidak ada Peserta yang tersesat di area kawasan Kawah Ratu TNGHS.(*)


Reporter : Rapik Utama // Asep M-rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI