Iyos Somantri Buka Sawala Luhung Sanggar Seni Mustika Cahya Linuhung

Rabu, 26 Januari 2022 - 22:05 WIB
Iyos Somantri Buka Sawala Luhung Sanggar Seni Mustika Cahya Linuhung
Iyos Somantri Buka Sawala Luhung Sanggar Seni Mustika Cahya Linuhung

TatarSukabumi.ID - Sanggar Seni Mustika Cahya Linuhung menggelar Sawala Luhung (Musyawarah Besar) yang dibuka oleh Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Rabu (26/01/2022).

Dalam musyawarah besar pelaku seni yang dilangsungkan di Kampung Kaum Kaler, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak diantaranya membahas implementasi Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Wabup menyatakan apresiasi kepada Sanggar Seni Cahya Linuhung yang telah menorehkan sejumlah prestasi  dan melaksanakan kegiatan pelestarian seni budaya.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pupuhu Mustika Cahya Linuhung atas peran aktifnya melestarikan seni budaya Sunda. Semoga kedepannya seluruh agenda paguyuban dapat terlaksana sesuai dengan visi misi Kabupaten Sukabumi memajukan seni budaya bangsa khususnya budaya sunda yang ada di Sukabumi" ungkap Iyos Somantri, Rabu (26/1).

BACA JUGA : Kadin dan Pemkab Sukabumi Bahas Wacana Pembangunan Wilayah Sukabumi Selatan

Lebih jauh menurut Wabup, budaya harus berdampak positif sekaligus multi guna  terhadap kesejahteraan lingkungan.

"Kesejahteraan muncul dan budayanya terpelihara secara baik berkelanjutan. Kita  berharap pemerintah daerah bisa bersinergi bersama pelaku seni untuk mempertahankan juga mengoptimalkan budaya bangsa ini khususnya budaya sunda," tutur Iyos.

Wabup meminta instansi pemerintahan terkait terus melakukan pembinaan sekaligus memperluas eksistensi seni budaya, baik melalui pemanfaatan berbagai fasilitas media sosial maupun media lain terutama di lingkup dunia pendidikan dan masyarakat.

Ditempat yang sama, pimpinan Sanggar Seni Mustika Cahya Linuhung, Riyad Hariadi mengatakan, selama 8 tahun sanggar berdiri dengan tujuan utama pelestarian seni budaya.

"Sanggar Seni Cahya Linuhung di Kecamatan Cibadak ini telah diajukan sejak tahun 2013, untuk legalitasnya pada tahun 2016 sesuai dengan aturan 3 tahun berjalan bisa di legalisasi oleh dinas kebudayaan" ungkap Riyad.

Dirinya menyebutkan selama delapan tahun telah cukup banyak yang dilakukan di antaranya mewakili

Sanggar ini telah banyak berkiprah untuk Kabupaten Sukabumi baik di tingkat Provinsi hingga Nasional.

"Diantaranya mengisi acara di Taman Mini Indonesia Indah, lalu di Provinsi Jawa barat dan masih banyak lagi termasuk mewakili Kabupaten Sukabumi di ajang  Indonesia Orkestra Festival di Taman Ismail Marzuki," ungkap Riyad.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI