Pemkab Sukabumi dan Indosat Bahas Penguatan Sinyal Internet di Wilayah Blank Spot

Selasa, 07 Desember 2021 - 12:15 WIB
Pemkab Sukabumi dan Indosat Bahas Penguatan Sinyal Internet di Wilayah Blank Spot
Pemkab Sukabumi dan Indosat Bahas Penguatan Sinyal Internet di Wilayah Blank Spot

TatarSukabumi.ID - Internet telah menjadi kebutuhan mendasar saat ini, terlebih bagi pelajar menjalani sistem pembelajaran jarak jauh sejak pandemi.

Sukabumi sebagai wilayah terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali masih terjadi lemahnya koneksi internet bahkan disejumlah wilayahnya masih ditemukan blank spot.

Menindaklanjuti permasalahan lemahnya sinyal internet dan sejumlah area blank spot, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami terima kunjungan PT Indosat Tbk untuk membahas rencana pemasangan mobile BTS di Kabupaten Sukabumi, Senin (6/12/2021).

BACA JUGA : Anomali Suhu Muka Laut Berdampak La Nina di Jawa Barat

Divisi Partnership PT Indosat Tbk, Wiwin Suwarni menyatakan, kehadirannya untuk mengajak pemerintah berkolaborasi dalam mencari solusi penyelesaian permasalahan sinyal di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.

"Sejumlah desa meminta mobile BTS. Tahap awal, kita coba untuk beberapa desa," ungkap Wiwin.

Menurutnya, mobile BTS ini nantinya bisa bundling dengan desa digital atau desa cerdas.

"Lihat hasilnya, kalau bagus ditindaklanjuti, dalam tahap awal, akan menyiapkan sekitar empat mobile BTS seperti yang telah dilakukan di daerah lain, kalau menyeluruh mungkin berat, jadi bertahap dulu," tandasnya.

BACA JUGA : P4GN dan Prekursor Narkoba BNNK Sukabumi

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan banyak daerah di Kabupaten Sukabumi yang perlu penanganan sinyal internet.

Daerah yang mungkin bisa dijadikan contoh adalah desa yang betul betul tidak ada jaringan, selain itu juga bisa di wilayah pariwisata, seperti geopark.

Bupati berharap, kedepan tidak ada lagi wilayah di Kabupaten Sukabumi yang kekurangan sinyal.

"Memang butuh waktu dan biaya tinggi dengan kontur dan luasan wilayah Kabupaten Sukabumi, tapi  secara bertahap ini harus bisa ditangani" tegas Marwan Hamami.

Marwan Hamami meyakini dengan kuatnya jaringan internet dapat mendukung komunikasi sehingga perekonomian masyarakat terbantu, karena warga masyarakat bisa melakukan transaksi secara online.

"Titik poinnya bagaimana kita selalu berusaha untuk menyejahterakan masyarakat, salah satunya dengan kuatnya jaringan internet sehingga membantu peluang bagi masyarakat di wilayah" pungkasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI