Akun Facebook Baznas Kab Sukabumi Dibobol Orang Tak Bertanggung Jawab

Kamis, 15 April 2021 - 21:32 WIB
Akun Facebook Baznas Kab Sukabumi Dibobol Orang Tak Bertanggung Jawab
Akun Facebook Baznas Kab Sukabumi Dibobol Orang Tak Bertanggung Jawab

TatarSukabumi.ID - Akun jejaring sosial Facebook yang diketahui milik Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi diretas dan diakses oleh seseorang yang belum diketahui.

Terhitung sudah 18 Jam, akun Facebook Baznas Kabupaten Sukabumi digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Bahkan dalam akun Baznas Kab Sukabumi tersebut, pengakses akun menuliskan status nyeleneh.

"selamat pagi ni saya ada info buat temen" gak nyangka saya bisa dapat samsung s9 dari sicepat padahal cuma iseng doang," begitu yang tertulis di beranda Facebook milik Baznas Kab Sukabumi.

BACA JUGA : Tabrakan Suzuki Carry Pickup dan Toyota Fortuner di Ruas Jalan Sukabumi Palabuhanratu

Menaggapi hal tersebut Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, Unang Sudarma memberi keterangan saat dihubungi TatarSukabumi.id.

"Ya benar ada laporan staf bahwa akun Facebook Baznas di hack. Secara mendetailnya silahkan saja temui staf," ucap Unang Sudarma.

Meski begitu, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi memastikan belum ada laporan resmi terkait kerugian atas terjadinya hal ini.

"Hingga saat ini belum ada laporan resmi dari siapapun apalagi telah dirugikan, semoga tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan yang jelas hal ini sangat merugikan, kami sampaikan kepada khalayak umun jangan mudah percaya dan terprovokasi oleh hal diluar subtansi Baznas," tambah Unang.

BACA JUGA : Duel Anak STM Berujung Tewasnya Pelajar di Sukabumi

Ditemui ditempat yang sama, Mulyana Yusuf sebagai koordinator IT Baznas Kabupaten Sukabumi terkait diaksesnya akun Baznas Kab Sukabumi dan digunakan 'nyeleneh'.

"Benar akun Facebook Baznas dihack, saya ketahui sekitar Kamis (15/4) jam Tiga dini hari ketika akan santap sahur, dan tadi banyak pula yang menghubungi menanyakan perihal postingan ini, termasuk saya pun hubungi rekan karena yang dapat mengakses secara resmi hanya dua orang yaitu saya dan MEP," papar Mulyana Yusuf.

"Bicara permasalahan seperti ini sebelumnya tahun 2020 akun FB Baznas pernah dua kali di hack pada februari dan Oktober. Nah tahun sekarang baru kali ini namun berat berbarengan dengan email-nya. Ini kami sedang terus berupaya memulihkan akun dan inter koneksinya agar secepatnya bisa kembali normal sedia kala," lanjut Mulyana Yusuf.

BACA JUGA : Polres Sukabumi Kota Gelar Operasi Keselamatan Lodaya 2021 Selama 14 Hari

Selain jejaring sosial Facebook, Baznas Kabupaten Sukabumi juga aktif menggunakan media sosial seperti Website, YouToube, Instagram dan FaceBook.

"Kendati pemanfaatan akun FaceBook hanya sebatas sosial nedia informasi jadi tidak digunakan sebagai media komunikasi ditambah si hacker baru pertama memposting statusnya baru satu kali, namun saya pribadi dan kelembagaan merasa dirugikan," pungkas Mulyana yang akrab dipanggil Ade, Kamis (15/4) di Kantor Baznas, Cisaat Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI TERKINI