Gempa Sukabumi Siang Tadi Diduga Dipicu Aktifitas Sesar Cimandiri

Rabu, 14 April 2021 - 15:19 WIB
Gempa Sukabumi Siang Tadi Diduga Dipicu Aktifitas Sesar Cimandiri
Gempa Sukabumi Siang Tadi Diduga Dipicu Aktifitas Sesar Cimandiri

TatarSukabumi.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) update pemutakhiran data gempa tektonik yang terjadi pada pukul 13.28.40 WIB di wilayah Selatan Jawa bermagnitudo 5,1, hasil pemutakhiran kekuatan gempa berada pada M 4,9.

Titik episenter terletak pada koordinat 7,4 Lintang Selatan dan 105,92 Bujur Timur dengan jarak 83 kilometer arah Barat Daya Kota Palabuhanratu, pada kedalaman 21 kilometer.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono kepada TatarSukabumi.ID menyebut, gempa yang terjadi siang tadi diduga dipicu oleh aktifitas Sesar Cimandiri.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, jenis gempa dangkal ini diduga dipicu aktivitas Sesar Cimandiri yang menerus ke laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ungkap Daryono, Rabu (14/4).

BACA JUGA : Duel Anak STM Berujung Tewasnya Pelajar di Sukabumi

Hasil laporan BMKG, guncangan gempa dirasakan di wilayah Kecamatan Kalapanunggal dan Kecamatan Cisaat dalam skala intensitas III MMI.

Gempa juga dirasakan di Jakarta, Bayah, Palabuhanratu, Palangpang, Ciemas, Sagaranten, dan Curugkembar, dalam skala intensitas II MMI.

Hingga berita di tayangkan, belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan gempa, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempi susulan (after shock)." Pungkas  Daryono.(*)

SUKABUMI TERKINI