BLK Kabupaten Sukabumi Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi Gratis Tahun 2021

Rabu, 07 April 2021 - 18:24 WIB
BLK Kabupaten Sukabumi Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi Gratis Tahun 2021
BLK Kabupaten Sukabumi Buka Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi Gratis Tahun 2021

TatarSukabumi.ID - UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi menggelar pelatihan kerja bagi warga Sukabumi.

Pelatihan berbasis kompetensi (PBK) ini merupakan implementasi dari Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja (P2KPTK).

Meski ditengah pandemi, animo masyarakat Sukabumi cukup besar untuk dapat ikut dalam PBK tahun 2021 ini.

Faktanya, ratusan peserta telah mendaftarkan diri untuk dapat ikut serta dalam PBK 2021 ini, pendaftaran dimulai sejak 1 April dan rencananya akan ditutup 8 April mendatang.

BACA JUGA : Jelang Reposisi Pejabat Pemkab Sukabumi, Marwan : Pejabat Tidak Mau Berubah Pindahkan

"Pendaftaran khusus bagi warga kabupaten Sukabumi dan akan ditutup 8 April besok. Hingga Selasa kemarin, begitu besarnya minat dan antusias usia produktif sehingga kuota peserta sudah terpenuhi sebanyak 372 orang," ungkap Ridwan Agus Mulyawan, Kepala UPTD BLK pada Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Rabu (7/4/2021).

Dalam PBK P2KPTK tahun 2021 ini, Peserta pelatihan dibagi kedalam beberapa kejuruan, diantaranya Las berjumlah 88 peserta, menjahit 86, mesin produksi 76, perakitan komputer 61 dan instalasi penerangan 61 peserta.

Mengingat kegiatan PBK ini dilaksanakan ditengah pandemi, sejak pendaftaran hingga pelatihan kerja nanti, UPTD BLK Kabupaten Sukabumi mewajibkan seluruh peserta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Selain tertib administrasi peserta melengkapi persyaratan berkas seperti fotocopy KTP, Ijazah, kartu keluarga, kartu kuning, keterangan sehat serta foto, setiap peserta wajib melaksanakan protokol kesehatan," tegas Ridwan.

BACA JUGA : Kapolri Minta Maaf dan Cabut Telegram Larangan Media Tayangkan Kekerasan Polisi

Dengan terbatasnya kuota peserta, Kepala UPTD BLK Kabupaten Sukabumi menyatakan permohonan maaf apabila ada pendaftar yang tidak masuk dalam program PBK P2KPTK tahun 2021.

Dengan potensi dan antusias kalangan milenial dalam mengikuti kegiatan ini, kepada TatarSukabumi.ID Ridwan berharap pemangku kebijakan untuk dapat lebih mempertimbangkan dukungan, khususnya memberikan support anggaran baik APBD maupun APBN guna pemenuhan kebutuhan
peningkatan pelatihan dan pembinaan keterampilan bagi masyarakat Sukabumi.

"Semoga dalam agenda berikutnya dapat turut serta dalam ikhtiar menggapai cita-cita setelah mengikuti pendidikan formal (sekolah).

"Sambil menunggu tetap semangat berkeyakinan positif melaksanakan kreativitasnya secara mandiri." tutur Ridwan.(*)

SUKABUMI TERKINI