Ada Tandatangan Kades di Surat Hibah Tanah Bakal Jalan Tol Bocimi Keluarga Ahli Waris Gugat Diduga Ada Indikasi Penyerobotan Tanah

Kamis, 04 Maret 2021 - 18:56 WIB
Ada Tandatangan Kades di Surat Hibah Tanah Bakal Jalan Tol Bocimi Keluarga Ahli Waris Gugat Diduga Ada Indikasi Penyerobotan Tanah
Ada Tandatangan Kades di Surat Hibah Tanah Bakal Jalan Tol Bocimi Keluarga Ahli Waris Gugat Diduga Ada Indikasi Penyerobotan Tanah

TatarSukabumi.ID - Surat hibah sebidang tanah yang terletak di Dusun Selaawi, Blok Selajambe RT  09/RW 04, Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi disoal ahli waris.

Keluarga selaku ahli waris dari pemilik tanah menyoal secarik kertas surat keterangan hibah yang dibubuhi tandatangan Kades dan cap basah lambang Burung Garuda Pemdes Selajambe.

Kuasa Hukum keluarga ahli waris datangi kantor Desa Selajambe untuk mengkonfirmasi surat hibah yang dinilai sepihak, Kamis (4/3/2021).

BACA JUGA : Pohon Ukuran Raksasa di Ruas Jalan Sukabumi Palabuhanratu Tumbang

Untuk diketahui, surat hibah yang disoal keluarga merupakan sebidang tanah milik tokoh agama setempat Eyang Raden Natarudin.

Dalam surat hibah tertanggal 9 April 2018 yang ditandatangani Kades Selajambe, Pipin Saripin tertulis nama penerima hibah Bubun Bunyamin, namun tidak terdapat tandatangan dari pemilik lahan (penghibah) tersebut.

Kuasa Hukum keluarga ahli waris, Anto Siburian, kepada awak media di Kantor Desa Selajambe menyatakan surat hibah yang dibubuhi tandatangan Kades dinilai sepihak.

"Hari ini Kami mengkonfirmasi tentang permasalahan adanya surat keterangan hibah sepihak," ungkap Anto, Kamis (4/3).

BACA JUGA : Gali Terowongan Rampok Mini Market dan Ancam Penjaga Toko Dengan Senjata

Kehadiran Keluarga dan Kuasa Hukum ahli waris di Kantor Desa belum menemukan titik terang, pasalnya Pipin Aripin selaku Kades berserta Sekdes tidak ada di kantornya.

Kehadiran mereka hanya diterima oleh Kasi Pemerintahan Desa Selajambe, Abdul Salam dan sejumlah staf Desa.

"Sebelumnya kami juga sudah pernah mencoba berkomunikasi beberapa kali minta penjelasan pihak Pemerintah Desa yaitu Sekretaris Desa (Sekdes) atas munculnya surat pernyataan hibah yang telah dibuat oleh salah satu orang warga bernama Bubun Bunjamin.

"Namun disayangkan sepertinya mereka abaikan, menganggap sepele hal ini, inilah yang membuat kami geram," tegas Anto Siburian.

BACA JUGA : Rapat Koordinasi Kebencanaan Presiden Joko Widodo BNPB dan Bupati Sukabumi

Lebih jauh Anto menyatakan, keluarga ahli waris merasa telah dirugikan dengan adanya surat pernyataan hibah yang telah dibuat Bubun dan ditandatangani Kades.

"Perlu diketahui kapasitas Bubun itu hanya sebatas penerus kepercayaan dari orang tuanya sebagai pengurus makam leluhur keluarga yang sudah berusia 300 tahun.

"Luas lahan sekitar 315 meter persegi tepatnya berada Kampung Selajambe yang masih dikelola oleh pengurus Pondok Pesantren Al-qosasiyah," terangnya.

BACA JUGA : Angkot 09 Cibadak Cicurug Amblas Terseret Longsor

Kepada awak media Kuasa Hukum penggugat mengecam jika kepala desa masih bersikeras dan tidak ada itikad baik atas kasus hibah sepihak ini, maka Pihaknya akan melakukan upaya hukum.

Halaman Selanjutnya >>>>

SUKABUMI TERKINI