Keterlaluan! Bantuan Sosial Warga Desa Sukamulya Cikembar Sukabumi Diduga Disunat 400 Ribu

Jumat, 05 Februari 2021 - 19:41 WIB
Keterlaluan! Bantuan Sosial Warga Desa Sukamulya Cikembar Sukabumi Diduga Disunat 400 Ribu
Keterlaluan! Bantuan Sosial Warga Desa Sukamulya Cikembar Sukabumi Diduga Disunat 400 Ribu

TatarSukabumi.ID - Dugaan kasus pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sosial savety net bersumber dari Dana Desa (DD) terjadi di Sukabumi Jawa Barat.

Informasi yang diterima redaksi TatarSukabumi.ID dalam bentuk 8 format video amatir berupa pengakuan sejumlah sumber warga Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, akhirnya terungkap.

Diduga telah terjadi pemotongan anggaran bantuan sosial BLT bersumber dari Dana Desa Sukamulya senilai 400 ribu rupiah.

Seharusnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan sosial senilai 900 ribu rupiah namun, sejumlah warga didalam video mengaku hanya menerima uang bantuan sebesar 500 ribu rupiah.

BACA JUGA : Kajari Wajibkan Jajaran Adhyaksa Kabupaten Sukabumi Donor Darah Setiap 3 Bulan

Sempat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID melalui aplikasi perpesanan WhatsApp Kepala Desa Sukamulya, Dudun Ibrahim tidak memberikan tanggapan atas kasus dugaan pemotongan bantuan BLT bagi warganya.

Dihubungi terpisah, Ketua BPD Sukamulya, Edwin, kepada TatarSukabumi.ID mengaku telah melihat video amatir pengakuan warga.

"Ya, Saya sudah mendengar (adanya kasus ini), bahkan videonya juga ada yang kirim ke Saya.

Dalam pelaksanaan pembagian BLT-DD tahap 7,8,9 (pada Jum'at 29/1/2021)  kami tidak hafal (saat pembagian) jadi tidak ada rapat koordinasi terlebih dahulu," ungkap Edwin, Kamis (5/2).

Masih kata Dia, BPD belum melakukan pembahasan terkait permasalahan ini, baik dengan Kepala Desa, Pihak RT maupun RW yang bersangkutan.

BACA JUGA : Satlantas Polres Sukabumi Kota Bagi-bagi Nasi Kotak

Menurut Edwin, BPD selalu wanti wanti agar seluruh program Desa dapat berjalan sesuai aturan.

"Sebenarnya kami (BPD) ketika ada rakor (rapat koordinasi) bersama unsur pemerintah desa, bukan saja mengingatkan dalam segala bidang kegiatan jangan sampai dalam pelaksanaan menyimpang dari aturan, termasuk jangan ada pemotongan yang nantinya jadi permasalahan," ujar Ketua BPD Sukamulya kepada TatarSukabumi.ID.

Sumber yang memberi data visual dan meminta identitasnya tidak ditulis meminta permasalah dugaan pemotongan bantuan BLT untuk ditindak lanjuti.

Halaman Selanjutnya >>>>

SUKABUMI TERKINI