Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Tinjau Ratusan Warga Korban Bencana Pergerakan Tanah Gegerbitung

Kamis, 21 Januari 2021 - 00:27 WIB
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Tinjau Ratusan Warga Korban Bencana Pergerakan Tanah Gegerbitung
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Tinjau Ratusan Warga Korban Bencana Pergerakan Tanah Gegerbitung

TatarSukabumi.ID - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama bersama Anggota Komisi I Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Suganda sambangi warga terdampak bencana pergerakan tanah di Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (20/1/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat hari ini merupakan hari ke-7 tanggap darurat bencana sejak pergerakan tanah yang terjadi sepekan silam yang mengancam ratusan warga di Kampung Suradita dan Kampung Balekambang Desa Ciengang Gegerbitung.

Kepada Desa Ciengang Yudius Hidayat Bagja kepada TatarSukabumi.ID menyebut hingga saat ini puluhan rumah warga mengalami kerusakan, sementara ratusan bangunan rumah lain berpotensi terancam.

BACA JUGA : Pemuda Asal Cianjur Terjaring Operasi PPKM di Sukabumi Polisi Temukan Obat Terlarang

Masih kata Dia, ratusan warga sejak beberapa hari terakhir di evakuasi ke 2 titik Pengungsian.

"Kami siapkan 2 posko pengungsi di dua titik, jumlah total pengungsi saat ini ada 113 Kepala Keluarga (KK) dengan total 321 jiwa.

"Untuk kerusakan bangunan berupa retakan dan pergeseran tanah ada 35 hingga 40 bangunan rusak," ungkap Yudius, Rabu (20/1).

BACA JUGA : Penyekatan di 7 Titik Akses Masuk Sukabumi Warga Luar Kota Dilarang Masuk dan Penutupan Tempat Hiburan

Lebih jauh Yudius menyatakan, dengan pergeseran tanah yang terus terjadi sejak sepekan terakhir, ratusan warga di dua kampung berpotensi terancam.

"Untuk potensi ancaman bisa terjadi keseluruhan dengan lokasi retakan di bagian atas (tebing) bila terjadi kejadian (bencana) sporadis bisa mengakibatkan kerugian besar, diperkirakan (potensi ancaman) kepada 232 KK dengan total populasi warga 675 hingga 700 jiwa," jelasnya.

Dalam lawatannya di lokasi bencana, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi meninjau langsung Posko Pengungsi, dapur umum, posko relawan, dan posko bantuan logistik.

Yudi Suryadikrama didampingi Suganda menyerap keluhan dan aspirasi pengungsi sekaligus mengecek kondisi kesehatan warga pengungsi dan meninjau kelayakan Posko Pengungsian.

Politisi yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Kabupaten Sukabumi menilai, bencana ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak, menurutnya, semua pihak senantiasa menjaga dan konsisten melestarikan alam.

"Saya sudah  menyampaikan kepada Pemerintah Desa agar bersama-sama menjaga kelestarian alam," ujar Yudi.

BACA JUGA : Polres Sukabumi Kota Bongkar Kasus Peredaran Narkoba di 5 Kecamatan hingga Lapas Nyomplong

Lebih jauh Yudi menyatakan, hal terpenting untuk dipikirkan adalah relokasi warga terdampak ke tempat yang lebih aman.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi menilai diperlukan penanganan cepat warga terdampak dari Posko pengungsian sementara yang kondisinya serba darurat.

"Akan kita bahas bersama Ketua DPRD dan rencananya mereka itu akan di evakuasi ke wilayah lahan Perhutani. Selain itu, kita juga akan terus mendorong kepada pemerintah untuk segera menyediakan lokasi untuk rumah mereka. Mudah-mudahan ada pencadangan anggarannya," tegas Yudi.

Ditempat yang sama Anggota Komisi I Fraksi PDI Perjuangan, Suganda, memastikan, selaku putera daerah Gegerbitung, dirinya akan berupaya mendorong pemerintah daerah untuk melakukan upaya terbaik bagi masyarakat terdampak bencana pergerakan tanah.

"Selaku anggota legislatif dapil (daerah pemilihan) 4 Sukabumi, sekaligus sebagai putera daerah Gegerbitung, Kami akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat." tandasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI