BMKG : Selama Januari 2021 Terjadi Peningkatan Aktivitas Gempa

Rabu, 20 Januari 2021 - 20:54 WIB
BMKG : Selama Januari 2021 Terjadi Peningkatan Aktivitas Gempa
BMKG : Selama Januari 2021 Terjadi Peningkatan Aktivitas Gempa

TatarSukabumi.ID - Wilayah Indonesia saat ini memang sedang mengalami peningkatan aktivitas gempa bumi yang cukup signifikan, guncangaannya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Beberapa aktivitas gempa juga terjadi di seputaran selatan Pulau Jawa yang terasa langsung oleh warga Sukabumi dan sekitarnya.

Tercatat BMKG selama periode 1 hingga 20 Januari 2021 saja, gempa dirasakan sebanyak 52 kali.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono dihubungi TatarSukabumi.ID yang menjelaskan bahwa Jumlah ini tergolong tinggi.

BACA JUGA : Waspada Cuaca Ekstrem BMKG Sebut Puncak Musim Penghujan Terjadi Januari hingga Februari 2021

"Sejak tanggal 1 hingga 20 Januari 2021 hampir setiap hari terjadi gempa dirasakan, kecuali hanya 2 hari saja yaitu tanggal 10 dan 17, tidak terjadi gempa yang dirasakan oleh masyarakat," ungkap Dr. Daryono, Rabu Sore (20/01/21). 

Pada tanggal 14 Januari 2021, di wilayah Indonesia terjadi gempa yang guncanganya dirasakan oleh masyarakat sebanyak 8 kali.

"Tentu saja hal ini tidak lazim, karena dalam 20 hari saja sudah terjadi aktivitas gempa dirasakan sebanyak lebih dari 50 kali," pungkas Daryono.

Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono membandingkan kenaikan tersebut dari jumlah aktifitas gempa di periode tahun sebelumnya.

BACA JUGA : Tradisi Warga Cipeteuy Kabandungan Sukabumi

"Sementara kalau kita menengok data jumlah aktivitas gempa dirasakan bulan Januari 2020 tercatat sebanyak 54 kali,"

"Untuk saat ini, baru 20 hari saja jumlah gempa dirasakan sudah setara dengan jumlah gempa dirasakan selama sebulan pada Januari 2020," lanjut Dr. Daryono.

Halaman Selanjutnya >>

SUKABUMI TERKINI