Mulai Besok SCTV Indosiar dan O Channel Pindah Frekuensi

Kamis, 14 Januari 2021 - 19:59 WIB
Mulai Besok SCTV Indosiar dan O Channel Pindah Frekuensi
Mulai Besok SCTV Indosiar dan O Channel Pindah Frekuensi

TatarSukabumi.ID -Terhitung mulai 15 Januari 2021 besok, siaran SCTV, Indosiar dan O Channel, melalui satelit Telkom 4 (c-band) di frekuensi 4005 H tidak dapat diterima penonton melalui decoder biasa (MPEG-2).

Hal ini diumumkan secara resmi oleh ketiga stasiun televisi milik EMTEK group tersebut belum lama ini.

Namun bagi yang telah menggunakan decoder jenis MPEG-4 atau Pay TV (berbayar) bisa menikmati siaran EMTEK group melalui satelit Telkom 4 di frekuensi 4121 H atau menggunakan decoder NexParabola.

BACA JUGA : Residivis Spesialis Bongkar Mobil Dibekuk Polres Sukabumi Kota 14 Unit Mobil Jarahan Berhasil Diamankan

Salah seorang teknisi Parabola, Rudi, kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, untuk satu frekuensi lain masih milik provider EMTEK group yang berada di slot satelit Telkom 4 tidak ada info di hapus.

"Untuk yang mengunakan decoder biasa yang sudah MPEG-4 namun bukan rekomendasi (pay tv) masukan saja frekuensi 4121 H, lalu scan ulang, atau
frekuensi  4015 H decoder NexParabola lalu scan kembali untuk mendapat gambar dengan kwalitas HD (High Definition)," jelas Rudi, Kamis (14/1).

BACA JUGA : Waspada Cuaca Ekstrem BMKG Sebut Puncak Musim Penghujan Terjadi Januari hingga Pebruari 2021

Lebih jauh Rudi mengatakan, untuk siaran melalui frekuensi UHF (analog) alias yang menggunakan antena biasa dan siaran di satelit jalur ku-band (satelit pay tv) tidak mendapat info perubahan atau penghapusan frekuensi.

"Untuk yang menggunakan antena biasa di jalur UHF hingga saat ini tidak ada info penghapusan, dan juga untuk pelanggan tv berbayar di beberapa provider ( pay tv) juga sama.

"Bagi anda yang menggunakan antena parabola besar atau jaring, yang telah menghadap ke satelit Telkom dan menggunakan decoder (reciver) yang sudah support MPEG-4 atau sudah HD, silahkan scan ulang (scan buta) dan 3  Chanel milik EMTEK group berikut satu  penghuni baru Chanel Mentari Tv akan didapat dengan catatan reciver parabola anda telah mendapat sinyal qualitas (SQ)," jelasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI