Bupati Sukabumi Tinjau Lokasi Penemuan Fosil Hiu Purba Megalodon di Surade

Minggu, 10 Januari 2021 - 00:59 WIB
Bupati Sukabumi Tinjau Lokasi Penemuan Fosil Hiu Purba Megalodon di Surade
Bupati Sukabumi Tinjau Lokasi Penemuan Fosil Hiu Purba Megalodon di Surade

TatarSukabumi.ID - Bupati Sukabumi Marwan Hamami kunjungi Kampung Cigintung Desa Gunungsungging Kecamatan Surade.

Di lokasi kampung tersebut sempat di temukan berbagai jenis batuan fosil yang ditengarai sebagai Gigi Hiu Purba.

Penemuan sejumlah fosil yang dipercaya  sebagai gigi dari Hiu ukuran raksasa yang hidup di zaman prasejarah jutaan tahun silam yang oleh ilmuwan disebut sebagai Hiu Megalodon.

"Lokasi tersebut (akan) kita jadikan cagar alam geologi, guna melestarikan peninggalan sejarah dan fosil sebagai fakta penting bidang geologi," ungkap Bupati Sukabumi  Marwan Hamami, Sabtu (9/1/2021).

BACA JUGA : 6 Fakta Fosil Megalodon Hiu Purba yang Ditemukan di Sukabumi Jawa Barat

Rencana dijadikan sebagai cagar alam geologi, sambung Marwan, ditindak lanjuti dengan dalam waktu dekat akan dilakukan penelitian dan penilaian oleh UNESCO Global Geopark.

Marwan juga menilai, diperlukan kajian serta penelitian yang lebih dalam akan potensi langka ini.

Selanjutnya, Bupati memastikan akan melakukan penataan kawasan tersebut, namun Marwan mengingatkan masyarakat agar ikut berkomitmen melestarikan potensi peninggalan sejarah ini.

"Ada potensi seperti ini bukan dijual fosilnya, namun dimanfaatkan untuk dijadikan objek pariwisata, khususnya wisata geologi, dilestarikan dan menjadi lokasi edukasi.

"Ini harus dilestarikan, agar anak cucu kita tahu bahwa ada peninggalan sejarah yang usianya jutaan tahun" tegas Marwan.

BACA JUGA : Dalam Waktu 3 Jam Polisi Berhasil Bekuk Pelaku Pembobol Berangkas Alfamart di Sukabumi

Untuk di ketahui, dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun TatarSukabumi.ID, Hiu Megalodon hidup kurang lebih sekitar tiga juta tahun yang lalu.

Ukuran Hiu Purba ini diperkirakan memiliki panjang dua kali lipat lebih panjang dari Great White Shark dengan kekuatan gigitan lebih dari sepuluh ton.

Sebagai ilustrasi, Hiu zaman prasejarah Mega Shark Megalodon ini sempat di hidupkan dalam sebuah film berjudul The Meg yang dibintangi aktor kenamaan Jason Statham.

Menurut para ahli, Megalodon merupakan salah satu spesies yang pernah menguasai lautan Bumi sebelum manusia.

Megalodon (Carcharocles megalodon) mempunyai arti sebagai Gigi Besar, Megalodon merupakan predator puncak yang mendominasi lautan sekitar 2,3 hingga 2,6 juta tahun lalu pada kala Miosen awal hingga Pliosen akhir.(*)