Tradisi Warga Cipeteuy Kabandungan Sukabumi

Jumat, 01 Januari 2021 - 10:26 WIB
Tradisi Warga Cipeteuy Kabandungan Sukabumi
Tradisi Warga Cipeteuy Kabandungan Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Budaya gotongroyong masih terjaga di Masyarakat Dusun Pandan Arum Desa Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Warga Masyarakat melaksanakan perawatan dan perbaikan jalan lingkungan yang merupakan akses utama penghubung antar Kampung dan Dusun, Jumat (1/1/2021).

Suasana kebersamaan masih terasa kental, Warga menyumbang sesuai kemampuan, tenaga dan keahlian dalam membantu pengerjaan, sebagian berdonatur belanja kayu dan peralatan lain, sementara kaum Ibu bertugas menyediakan makanan.

Batu jalan yang terlepas di perbaiki sebagian di ganti baru rumput dan drainase saluran air sepanjang jalan dibersihkan.

"Ini merupakan tradisi dan semangat yang harus tetap terjaga. Gotong royong adalah budaya bangsa kita," kata Aditya, Kepala Dusun setempat, Jumat (1/1).

BACA JUGA : Pencarian Korban Tenggelam di Pantai Minajaya Sukabumi

Kadus, mengaku gotong royong bentuk kepedulian masyarakat terhadap lingkungan di wilayahnya masih cukup tinggi, hal ini merupakan aset besar bagi kemajuan sebuah daerah bersinergi dengan pemerintah sehingga program pembangunan berjalan optimal.

"Sinergitas antara masyarakat dengan pemerintah, itu menjadi bagian modal untuk membangun wilayah," katanya.

Kadus mengatakan, akses jalan lingkungan sepanjang satu kilometer tersebut dirasa cukup penting bagi warga meski bukan akses satu-satunya jalan warga setempat.

BACA JUGA : Ada Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan di Sukabumi

"Kami sudah mengajukan agar jalan lingkungan itu dibangun dan menjadi usulan prioritas, mudah-mudahan saja bisa segera direalisasikan," harap Kadus.

Pantauan TatarSukabumi.ID, gotong royong setiap Jumat ini tidak hanya dilakukan warga Dusun Pandan Arum, sejumlah Dusun lain juga melakukan hal sama diantaranya Dusun Leuwi Waluh 2 dan Dusun Arendah.

Di dua dusun tersebut selain pelaksanaan Jumsih (Jumat Bersih) warga antusias melakukan perbaikian Pos pengamanan lingkungan (Poskamling).(*)

SUKABUMI TERKINI