TNI Polri Lakukan Penyekatan Akses Masuk Sukabumi dan Penutupan Kawasan Wisata di Malam Tahun Baru

Kamis, 31 Desember 2020 - 09:50 WIB
TNI Polri Lakukan Penyekatan Akses Masuk Sukabumi dan Penutupan Kawasan Wisata di Malam Tahun Baru
TNI Polri Lakukan Penyekatan Akses Masuk Sukabumi dan Penutupan Kawasan Wisata di Malam Tahun Baru

TatarSukabumi.ID - Kepolisian Republik Indonesia bersama TNI dan Satgas Covid-19 akan melakukan penutupan sejumlah kawasan wisata di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Penutupan ini rencananya akan dilakukan menjelang dan sesudah malam pergantian tahun baru 2020 - 2021.

Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif, melalui Kepala urusan Humas Polres Sukabumi, IPDA Aah Saepul Rohman menyatakan langkah tersebut ditempuh untuk mengurangi kerumunan massa di lokasi wisata yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi.

Dari flyer di sebar, kawasan yang rencananya akan dilakukan penutupan diantaranya Pantai Citepus, Pantai Karanghawu dan Pantai Geopark Mulai pukul 20.00 WIB sampai 02.00 WIB atau tanggal 31 Desember 2020 sampai 1 Januari 2021.

"Imbauan itu merupakan antisipasi orang untuk datang dan berkumpul, besoknya sudah normal lagi," ujar IPDA Aah kepada TatarSukabumi.ID.

BACA JUGA : Ada Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan di Sukabumi

Lebih jauh Aah menjelaskan, Maklumat Kapolri dan Keputusan Bupati telah menyatakan bahwa tidak ada keramaian dan kerumunan pada malam pergantian malam tahun baru.

"Maka satgas Covid-19 Kabupaten Sukabumi mengambil sikap dan sikap itu sudah di umumkan jauh - jauh hari untuk tidak merayakan keramaian  pada malam tahun baru," tegas Aah.

Keputusan menutup pusat keramaian di malam pergantian tahun dilakukan secara bertahap mulai dari himbauan, penyebaran surat edaran kepada para Pengusaha dan pengelola tempat hiburan untuk tidak mengadakan keramaian.

Tidak hanya penutupan lokasi wisata, sejumlah titik ruas jalan juga akan dilakukan penyekatan.

BACA JUGA : Inilah Sejumlah Proyek Dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional Kabupaten Sukabumi

Hal itu dilakukan untuk masuknya kendaraan dari luar masuk ke Sukabumi.

"Antisipasi orang pada datang untuk berkumpul, besoknya sudah normal lagi.

"Artinya arus kendaraan dari luar Sukabumi yang akan masuk ke Sukabumi itu akan ditutup, bukan hanya tempat wisata saja tapi alun alun, lapang Cangehgar, kafe-kafe, maksudnya ada pembatasan," jelasnya.

BACA JUGA : Terkuak! Inilah Fakta Terkait Isu Kekosongan Kas Daerah Kabupaten Sukabumi

Untuk selanjutnya, petugas gabungan akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kerumunan,  Patroli juga akan digelar untuk membubarkan kerumunan di dalam area-area wisata.

"Kalau untuk yang sudah menginap atau tamu hotel tidak apa-apa namun mereka tetap tidak boleh mengadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Ada petugas, TNI Polri, ada juga yang melaksanakan mobiling termasuk saya nanti tim mobiling, titik keramaian di razia, di hotel hotel juga enggak ada perayaan kumpul-kumpul." pungkasnya.

SUKABUMI TERKINI