Tebing Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Antar Desa di Cimanggu Sukabumi

Selasa, 01 Desember 2020 - 12:05 WIB
Tebing Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Antar Desa di Cimanggu Sukabumi
Tebing Longsor Tutup Akses Jalan Penghubung Antar Desa di Cimanggu Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Hujan dengan intensitas tinggi sejak Senin (30/11) kemarin hingga menjelang pagi tadi menyebabkan bencana di beberapa titik Kabupaten Sukabumi.

Luapan air menyebabkan banjir di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, tidak hanya itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat sejumlah titik bencana tanah longsor, Selasa (1/12/2020).

Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan bencana tanah longsor salah satunya terjadi di perbatasan  Kampung Cisureuh dan Kampung Pasir Gede, Desa Sukamaju, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Ruas Jalan Geopark Ciletuh Sukabumi Langganan Banjir

Menurut Daeng, pagi ini  tebing setinggi 10 meter amblas dengan lebar longsor mencapai 10 meter.

"Laporan dari tim BPBD Kecamatan kejadian ini terjadi sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi, longsoran tanah tebing menutup akses jalan desa penghubung Desa Sukamaju dengan Desa Sukamanah Kecamatan Cimanggu," beber Daeng, Selasa (1/12).

Menurut Daeng, tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa bencana longsor kali ini.

BACA JUGA : Pencarian Korban Tenggelam Warga Cibadak di Pantai Palabuhanratu

Namun kata Daeng, akses Jalan Desa tertutup material tanah longsor hingga 3 meter, akses jalan untuk sementara tidak dapat dilalui kendaraan.

"Tidak hanya menimbun jalan, satu rumah warga terancam," kata Daeng.

Langkah penanganan yang saat ini dilakukan, Pemerintah Desa Sukamaju dan Unsur Muspika Cimanggu meminta bantuan warga meminjam alat berat yang tengah membuat lahan pertanian baru.

"Saat ini dalam proses pengerukan menggunakan alat berat, dalam waktu dekat akses jalan kembali normal." tutur Daeng.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI