Puting Beliung Terjang Sukabumi dan Sejumlah Daerah di Jawa Barat, PKS Dorong Pemerintah Daerah Respon Cepat

Jumat, 30 Oktober 2020 - 17:47 WIB
Puting Beliung Terjang Sukabumi dan Sejumlah Daerah di Jawa Barat, PKS Dorong Pemerintah Daerah Respon Cepat
Puting Beliung Terjang Sukabumi dan Sejumlah Daerah di Jawa Barat, PKS Dorong Pemerintah Daerah Respon Cepat

TatarSukabumi.ID - Terjangan Angin Puting Beliung memporak porandakan 4 Dusun di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat pada Kamis (29/10) sore kemarin.

Dalam peristiwa ini sedikitnya 3 unit bangunan rumah porak poranda tinggal puing, 43 unit bangunan rumah rusak berat, dan 46 unit bangunan lainnya mengalami rusak sedang hingga ringan.

Terjangan Angin Puting Beliung tidak hanya terjadi di Sukabumi, di sejumlah wilayah lain meliputi Cianjur, Garut, Pangandaran, Bogor dan Ciamis juga mengalami amukan Angin Puting Beliung.

BACA JUGA : Update Terkini Korban Amukan Puting Beliung di Sukabumi 92 Rumah Rusak

Anggota Legislatif Komisi V Fraksi Partai Keadilan Sosial DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Muis kepada TatarSukabumi.ID menyatakan belasungkawa atas tragedi bencana di sejumlah daerah Jawa Barat.

"Kami keluarga besar PKS menyatakan belasungkawa atas musibah puting beliung wilayah jawa barat mulai dari kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Pangandaran, Bogor dan Ciamis.

"Teriring doa, semoga warga yang terdampak musibah diberikan kesabaran dan ketabahan," ujar Abdul Muis, Jumat (30/10/2020).

BACA JUGA : Gelombang Tinggi Laut Hantam Kapal 2 Nelayan Tenggelam di Perairan Cibuni Tegalbuleud

Lebih lanjut wakil rakyat Sukabumi di Parlemen Jabar menyatakan, dirinya telah mengambil langkah awal berkoordinasi dengan struktural partai PKS Sukabumi.

"Selaku Komisi V DPRD Jabar, kita juga melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial san BPBD Provinsi Jawa Barat, untuk selanjutnya di koordinasikan dengan Dinsos dan BPBD Kabupaten Sukabumi.

"Agendanya saya sore ini akan berangkat dari Bandung menuju lokasi bencana di Kabandungan Sukabumi," beber Abdul Muis.

BACA JUGA : Tidak Libur Cuti Bersama Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Tetap Buka Pelayanan Adminduk

Dari pantauan TatarSukabumi.ID di lokasi bencana, Fraksi PKS bersama jajaran struktur DPD dan DPC meninjau lokasi bencana Angin Puting Beliung Kabandungan.

"Kami telah melakukan pemetaan kebutuhan mendesak melibatkan Pemerintahan Desa, Muspika dan BPBD sekaligus kami telah salurkan 40 paket sembako kepada warga terdampak serta pembagian makanan siap saji kepada warga juga relawan yang sedang berjibaku melakukan perbaikan rumah warga terdampak," tutur Abdul Muis.

Dengan total 92 Keluarga terdampak bencana, Wakil Rakyat Sukabumi di DPRD memastikan akan mendorong Pemerintah Daerah agar memberikan respon cepat dalam penanganan korban.

Dengan cuaca ekstrem yang sepekan terakhir melanda Sukabumi serta potensi Badai La Nina, Anggota Komisi V DPRD Jabar mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Tingkatkan kewaspadaan, potensi musibah banjir, longsor, petir dan angin kencang dalam kondisi perubahan cuaca musim penghujan ini." tegas Abdul Muis.(*)