61 Rumah Masjid dan Sekolah di Kabandungan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Jumat, 30 Oktober 2020 - 12:12 WIB
61 Rumah Masjid dan Sekolah di Kabandungan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung
61 Rumah Masjid dan Sekolah di Kabandungan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

TatarSukabumi.ID - Pasca terjangan angin puting beliung yang terjadi sore kemarin, hari ini sejumlah unsur melakukan upaya perbaikan unit bangunan rumah yang terdampak, Jumat (30/10/2020).

Informasi terhimpun, terjangan Angin Puting Beliung melanda sedikitnya 4 Dusun sekitar pukul 16.30 WIB Kamis (29/10) kemarin.

Kampung yang terdampak diantaranya Kampung Tugu, Kampung Cicadas (4 ke RT an) Kampung Kaladi I, dan Kampung Kaladi II, Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Tidak Libur Cuti Bersama Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Tetap Buka Pelayanan Adminduk

"Sejak semalam kita bersama di bantu ormas, dan masyarakat, Tagana, BPBD dan unsur lainnya melakukan kerja bakti," ujar AKP I Djubaedi, Kapolsek Kabandungan yang turun langsung di lokasi bencana Jumat (30/10).

Lebih jauh Djubaedi menyatakan, data yang berhasil diinventarisir 61 unit rumah mengalami kerusakan.

"Terjangan angin puting beliung terjadi sekitar 20 menit sore Kamis (29/10) kemarin. Akibat terjangan puting beliung ada beberapa rumah, serta pohon ikut terbawa (tumbang),"

Untuk rumah (terdampak) sekitar 61 kebanyakan terbawa (rusak) bagian atapnya," jelas I Djubaedi.

BACA JUGA : Kecelakaan Laut di Perairan Ujunggenteng Sukabumi Korban Meninggal Dunia

Kapolsek Kabandungan memastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana ini untuk kerugian materil masih dalam proses penghitungan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi juga mencatat sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial juga mengalami kerusakan akibat amukan puting beliung.

Kerusakan akibat terjangan puting beliung diantaranya DTA Al-Firdaus di Kampung Cicadas, Masjid Jami Alhidayah, SMPN 2 Kabandungan serta 2 peternakan ayam.(*)