Jangan Gagal Paham Tentang Gempa Megathrust  dan Potensi Tsunami di Pulau Jawa

Sabtu, 26 September 2020 - 15:54 WIB
Jangan Gagal Paham Tentang Gempa Megathrust  dan Potensi Tsunami di Pulau Jawa
Jangan Gagal Paham Tentang Gempa Megathrust  dan Potensi Tsunami di Pulau Jawa
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Sorotan dan perbincangan mengenai Gempa Megathrust belakangan ini membuat beberapa ahli kebumian bertanya-tanya, apakah masyarakat telah benar benar memaknai apa itu gempa megathrust.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami pada BMKG, Dr Daryono, kepada TatarSukabumi.ID menyatakan ternyata masih banyak yang belum tepat dalam memahami apa itu gempa megathrust.

Gempa megathrust dipahami sebagai sesuatu yang baru, gempa berkekuatan besar yang dapat memicu Tsunami yang dapat menimbulkan kerusakan hebat dan berpotensi terjadi dalam waktu dekat.

"Pemahaman seperti ini tentu saja kurang tepat," tegas Daryono, Sabtu (26/9/2020).

BACA JUGA : Penjelasan BMKG Terkait Potensi Gempa Megathrust di Selatan Jawa Hasil Kajian ITB

Kepada TatarSukabumi.ID Daryono menjelaskan jika zona megathrust merupakan istilah untuk menyebut sumber gempa tumbukan lempeng di kedalaman dangkal.

Dalam hal ini, lempeng samudra yang menunjam ke bawah lempeng Benua membentuk medan tegangan (stress) pada bidang kontak antar lempeng yang kemudian dapat bergeser secara tiba-tiba memicu gempa, dan jika terjadi gempa, maka bagian lempeng benua yang berada di atas lempeng samudra bergerak terdorong naik (thrusting).

Jalur subduksi lempeng umumnya sangat panjang dengan kedalaman dangkal mencakup bidang kontak antar lempeng.

Dalam perkembangannya, zona subduksi diasumsikan sebagai patahan naik yang besar, yang kini populer disebut sebagai Zona Megathrust, jelas Daryono.

BACA JUGA : Update Terkini Dampak Terjangan Banjir Bandang Cicurug Sukabumi, 2 Korban Meninggal Dunia 1 Dalam Pencarian

Lebih lanjut Daryono menyebut zona megathrust bukanlah hal yang baru di Indonesia, zona sumber gempa ini telah ada sejak jutaan tahun lalu saat terbentuknya rangkaian busur kepulauan Indonesia.

Halaman Selanjutnya >>>>