Sah! 3 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Siap Bertarung di Pilkada

Rabu, 23 September 2020 - 22:42 WIB
Sah! 3 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Siap Bertarung di Pilkada
Sah! 3 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Siap Bertarung di Pilkada
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi resmi mengesahkan 3 pasangan calon (paslon)  dalam perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sukabumi 2020.

Setelah sebelumnya 3 Paslon mendaftarkan diri ke KPU, verifikasi ulang keabsahan berkas syarat pendaftaran Paslon dilakukan melibatkan Disdukcapil, Kemenag, Disdik, Kepolisian, Kejaksaan, dan Unsur terkait lainnya.

Selanjutnya KPU Kabupaten Sukabumi menggelar rapat pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi dan memutuskan pasangan calon Abu Bakar Sidik - Sirojudin, Adjo Sardjono - Iman Adinugraha dan Marwan Hamami - Iyos Somantri menjadi peserta pada Pilkada Sukabumi yang akan dilangsungkan 09 Desember 2020.

BACA JUGA : Netralitas ASN di Pilkada Sukabumi, Bawaslu Pastikan Ada Sanksi Pidana Bagi Pelanggar

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman menyampaikan, sesuai PKPU 9 tahun 2020 Pasal 68, KPU wajib menetapkan Paslon setelah dilakukan verifikasi berkas, sehingga hasilnya 3 pasangan calon dan tahapan selanjutnya adalah pengundian nomor urut yang rencananya akan dilaksanakan Kamis (24/9) besok.

Dalam pengundian nomor urut Paslon, kehadiran setiap kubu Paslon di batasi, masing-masing paslon maksimal membawa 21 orang (termasuk Paslon).

"KPU juga akan menggelar Deklarasi patuh aturan dan protokol kesehatan yang akan ditandatangani oleh seluruh pasangan calon," ungkap Ferry, Kamis (23/9).

BACA JUGA : Tidak Memakai Masker di Cibadak Pemerintah Kecamatan Beri Sanksi Tipiring

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Jabar, Yulianto memastikan pelaksanaan pengundian nomor urut Paslon dilakukan secara terbuka dan fair.

Yulianto mengingatkan, dalam masa kampanye para peserta untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas atau kegiatan kampanye untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran.

Ditempat yang sama, Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif berharap seluruh tahapan hingga akhir penyelenggaraan pilkada berjalan kondusif dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kapolres menegaskan, dalam acara pengundian nomor urut, tidak ada pengerahan massa dari setiap pasangan calon.

Guna mensukseskan acara yang rencananya akan di laksanakan di Ibukota Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu besok, tim pengamanan melibatkan Kepolisian / TNI dan Satpol PP dengan estimasi 600 personil.(*)