Sesuai Intruksi Jokowi, Bupati Sukabumi Minta Protokol Kesehatan Lebih Ditingkatkan

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:33 WIB
Sesuai Intruksi Jokowi, Bupati Sukabumi Minta Protokol Kesehatan Lebih Ditingkatkan
Sesuai Intruksi Jokowi, Bupati Sukabumi Minta Protokol Kesehatan Lebih Ditingkatkan
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Bupati Sukabumi Marwan Hamami sesuai arahan Presiden Joko Widodo menegaskan, protokol kesehatan penanganan Covid-19 harus lebih ditingkatkan.

Hal tersebut diungkap Marwan usai pertemuan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 se-Jawa Barat melalui video conference di Aula Setda - Palabuhanratu, Selasa (11/08/2020).

Kondisi terkini dari Pemprov Jawa Barat selama Agustus 2020, dari jumlah test PCR 175.260 orang, zona risiko dari 27  Kabupaten/Kota di Jabar, 14 Kota Kabupaten dinyatakan sedang sementara 13 Kota berisiko rendah.

BACA JUGA : Kisah Pahlawan di Dunia Nyata Relawan  Unit Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

Marwan Hamami menyampaikan, Presiden berharap kondisi wilayah Jawa Barat bisa mendekati zona hijau selanjutnya setiap daerah mulai bisa menanggulangi persoalan ekonomi masyarakatnya.

"Penguatan pada struktur ekonomi di daerah harus dilakukan secara optimal supaya tidak terdampak lebih jauh oleh masalah Covid-19," ungkap Marwan, Selasa (11/8).

Menurut Marwan, sektor pertanian menjadi andalan dalam upaya ketahanan pangan, sebagai bentuk antisipasi dari menurunnya daya beli masyarakat.

"Untuk Sukabumi dari mulai ketahanan pangan, hasil produksi pertanian, kita masih bisa mendistribusikan ke kota lain," tukasnya.

BACA JUGA : Wisata Goa Baduy Sukabumi, Ada 3 Danau Dalam Goa

Masih kata Marwan, Presiden meminta Pemerintah Daerah terus melakukan sosialisasi wajib masker, physical distancing dan hindari kerumunan.

"Jelas di Jawa Barat sudah wajib masker, di Sukabumi sendiri kita terus mensosialisasikan disiplin penerapan protokol kesehatan." tegasnya.

Sementara itu, Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Sukabumi (Pikokami) mencatat, terjadi lonjakan yang cukup signifikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 selama dua hari terakhir.

BACA JUGA : Pertama di Indonesia, Sukabumi Miliki Balai Penyuluh Pertanian Pilot Project Nasional

Sejak Senin (10/8) kemarin hingga Selasa hari ini, terjadi penambahan 9 dan 4 kasus atau total 13 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Bahkan hari ini, terdapat 2 Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 warga Kabupaten Sukabumi meninggal dunia.

"Perlu kami sampaikan hingga hari ini total terkonfirmasi positif ada diangka 89 orang, dengan rincian pasien yang menjalani Isolasi 3, menjalani Karantina 11, untuk selesai dan dinyatakan sembuh diangka 73 orang.

"Kemudian, kita berubah situasi dari 0 persen meninggal dunia, hari ini ada 2 orang meninggal dunia," ungkap Juru Bicara Pikokami Harun Alrasyid.(*)