Wisata Goa Baduy Sukabumi, Ada 3 Danau Dalam Goa

Selasa, 11 Agustus 2020 - 13:46 WIB
Wisata Goa Baduy Sukabumi, Ada 3 Danau Dalam Goa
Wisata Goa Baduy Sukabumi, Ada 3 Danau Dalam Goa
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Kabupaten Sukabumi terkenal memiliki beraneka ragam kekayaan alam Gurilaps (Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai dan Seni Budaya).

Hal ini menjadikan Sukabumi sebagai salah satu kawasan yang paling diburu wisatawan baik lokal hingga mancanegara.

Selain Taman Bumi Geopark Ciletuh Palabuhanratu, kawasan wisata yang telah mendunia, saat ini sejumlah kawasan wisata baru tengah ditata agar dapat menghipnotis pengunjung.

BACA JUGA : Keunikan Gunung Rompang Sukabumi Bukit Mengeluarkan Suara Bukit Punggung Kuda Hingga Panenjoan dan Situs Cagar Budaya

Salah satu kawasan wisata yang tengah berbenah adalah Goa Baduy di Kampung Palayangan Legok Picung RT 01/ RW 01 Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut sejarah, Goa ini merupakan tempat persembunyian warga pribumi dari serangan Belanda pada zaman sebelum Indonesia merdeka.

Nama Goa Baduy sendiri lahir sejak 40 tahun silam, adalah Karsim warga Baduy Luar, Pria pertama yang berani masuk kedalam Goa untuk mencari kelelawar dan mulai mengenal karakteristik Goa.

Goa Baduy memiliki panjang kurang lebih 700 Meter, dengan lebar yang cukup variatif mulai 4  hingga 10 meter.

Gua Baduy berapa pada kedalaman 50 meter dibawah permukaan tanah dengan tinggi langit langit Gua mencapai 6 hingga 12 meter.

BACA JUGA : Seniman Lukisan Bara Api Asal Sukabumi Nasibnya Kini, Kang Sidiq : Saya Sudah Bosan Janji-janji

Karakteristik lainnya, didalam Goa terdapat aliran Sungai Ciawitali, Leuwi Surupan, serta terdapat 3 kubangan air atau Danau di dalam Goa Baduy.

Mulut Goa Baduy berada di Kampung Palayangan sementara ujung Goa lainnya berada di Kampung Surupan Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu.

Ciri khas Goa Baduy lainnya adalah ukiran batu kapur (stalagmit) yang mengerucut.

Stalagmit ini didalam Goa Baduy terjadi dari proses batuan mineral karbonat (Kalsit) yang mengumpul dari tetesan air serta proses pengendapan kalsium karbonat dan mineral lain yang membentuk Stalaktit.

BACA JUGA : Kapolres Sukabumi Kota Pimpin Pasukan Sisir Sungai Cimandiri

Mahluk endemik didalam Goa Baduy merupakan kawanan Kelelawar.

Halaman Selanjutnya >>>>