Pertama di Indonesia, Sukabumi Miliki Balai Penyuluh Pertanian Pilot Project Nasional

Selasa, 11 Agustus 2020 - 11:34 WIB
Pertama di Indonesia, Sukabumi Miliki Balai Penyuluh Pertanian Pilot Project Nasional
Pertama di Indonesia, Sukabumi Miliki Balai Penyuluh Pertanian Pilot Project Nasional
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Prof. DR.Ir. Dedi Nursyamsi melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka persiapan peluncuran Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di Kabupaten Sukabumi.

Diterima Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono di Gedung Pendopo Sukabumi, Selasa (11/8/2020), Adjo menyatakan, dengan jarak Sukabumi - Jakarta yang tidak terlalu jauh, sangat tepat Kementerian Pertanian Kabupaten Sukabumi sebagai pilot project Kostratani.

Tidak hanya jarak yang cukup dekat ke Ibukota Negara, Kabupaten Sukabumi memiliki daerah pertanian yang cukup potensial untuk lebih ditingkatkan.

"Sangat tepat Kementerian Pertanian membuat peningkatan dalam rangka meningkatkan SDM. Lewat pilot project ini, yakin bisa meningkatkan produktivitas dan menyejahterakan petani," ungkap Adjo Sardjono, Selasa (11/8).

BACA JUGA : Balon Bupati Sukabumi Partai Gerindra Dorong Ekonomi Kerakyatan Untuk Percepatan Kemajuan Sukabumi

Wabup memastikan, dengan peningkatan teknologi dan SDM, sektor pertanian Kabupaten Sukabumi akan lebih maju.

"Apalagi dengan diperhatikannya kembali para penyuluh di lapangan oleh kementerian sekaligus peningkatan teknologi. Sebab, keberadaan teknologi cukup berperan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi memastikan, Kementerian hadir sebagai upaya untuk meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Sukabumi sehingga lebih bisa bersaing dengan daerah lain.

BACA JUGA : Rakor Virtual Pemkab Sukabumi, Tito Karnavian : Disiplin Kunci Pencegahan Pandemi

"Untuk itu peningkatan SDM BPP akan lebih ditingkatkan, dan akan dijadikan model di Jawa Barat," ungkap Dedi.

Masih kata Dedi, terdapat dua Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di Kabupaten Sukabumi yang akan dijadikan pilot project, yakni di Kecamatan Sukabumi dan Kecamatan Sukaraja.

"BPP akan dibangun di Sukabumi dan menjadi model di Jawa Barat, bahkan nasional," pungkasnya.(*)