2 Minggu Lagi Ridwan Kamil Pastikan Sekolah Mulai Kembali Buka

Sabtu, 25 Juli 2020 - 16:00 WIB
2 Minggu Lagi Ridwan Kamil Pastikan Sekolah Mulai Kembali Buka
2 Minggu Lagi Ridwan Kamil Pastikan Sekolah Mulai Kembali Buka
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan dalam waktu dekat kegiatan belajar mengajar (KBM) sistem tatap muka akan mulai kembali dilaksanakan.

Dalam lawatannya di Palabuhanratu Sukabumi, pria yang akrab disapa Kang Emil menyatakan dalam 2 minggu kedepan Sekolah mulai kembali di buka, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Dia, KBM tatap muka akan dilaksanakan secara bertahap mulai dari tingkat SMU, SMP, dan selanjutnya Sekolah Dasar.

BACA JUGA : Kabar Baik Ridwan Kamil Siapkan 60 Ribu Lowongan Kerja di Jawa Barat

Pun demikian, ada beberapa syarat khusus bagi Sekolah yang rencananya akan kembali melakukan aktivitas 2 minggu kedepan.

Salah satu syaratnya adalah seluruh sekolah wajib melaksanakan protokol kesehatan penanggulangan dan penanganan Covid-19.

Syarat lainnya, waktu dekat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat akan melakukan kajian dan evaluasi wilayah kategori status hijau Covid-19 di level kecamatan.

Pasalnya, acuan dasar dapat berlangsung kembali KBM tatap muka setelah sebuah wilayah Kecamatan telah dinyatakan berstatus zona hijau.

"Dalam waktu 2 minggu ini juga sekolah akan dibuka untuk Kecamatan zona hijau," ungkap Ridwan Kamil kepada TatarSukabumi.ID, Sabtu (25/7).

BACA JUGA : Sukabumi Rawan Bencana Alam dan Bencana Sosial, PDIP Bentuk Badan Penanggulangan Bencana

Lebih jauh Kang Emil menyatakan, karakteristik Sukabumi berbeda dengan kota Bandung maupun Bogor mengingat masih luasnya wilayah Pedesaan di Sukabumi.

"Menurut keilmiahan Sukabumi terlalu beragam geografisnya sehingga perlakuannya tidak bisa di samakan. Dari jumlah 47 Kecamatan di Sukabumi mana zona hijaunya, mulai bisa dilakukan tahap pembukaan," jelas Emil.

"Mudah mudahan jadi percontohan, tetap jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker, karena fatwa kita hanya dengan kedisiplinan semuanya akan terkendali" sambung Dia.

Ridwan Kamil juga memastikan, tingkat penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi relatif kecil terkendali, namun demikian Gubernur Jabar mengingatkan masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.

"Terkait Covid (Sukabumi) relatif sedikit, Saya cuma mau titip, hati-hati perjalanan tamu-tamu dari luar, dari zona merah, jangan sampai keterkendalian di level lokal terdampak oleh pengaruh dari luar." ungkapnya.(*)