4 Rentetan Gempa Jepara Banten Garut dan Selat Sunda Hari Ini Apakah Berkaitan dan Pertanda Picu Gempa Besar Susulan

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:50 WIB
4 Rentetan Gempa Jepara Banten Garut dan Selat Sunda Hari Ini Apakah Berkaitan dan Pertanda Picu Gempa Besar Susulan
4 Rentetan Gempa Jepara Banten Garut dan Selat Sunda Hari Ini Apakah Berkaitan dan Pertanda Picu Gempa Besar Susulan
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID -  Rentetan Gempabumi terjadi di sejumlah daerah di wilayah Pulau Jawa sejak dini hari hingga siang ini, Selasa (7/7/2020).

Sejumlah asumsi terbangun menyatakan rentetan gempa yang terjadi hari ini menyatakan setiap titik pusat gempa berkaitan dengan gempa - gempa berikutnya.

Asumsi tersebut dibantah, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami pada  BMKG, Dr. Daryono.

Menurut Dia, Gempa yang terjadi beruntun pada hari Selasa 7 Juli 2020 tidak memiliki kaitan dengan gempa yang terjadi sebelumnya.

BACA JUGA : Pusat Gempa Jateng Guncangan Dirasakan Hingga Sukabumi

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG kepada TatarSukabumi.ID memastikan Gempa yang terjadi mulai dari Gempa Laut Jawa di wilayah Utara Jepara berkekuatan M 6.1 yang terjadi pagi tadi pukul 05.54.44 WIB, selanjutnya Gempa Selatan Banten berkekuatan M 5.1 pada pukul 11.44.14 WIB, Gempa Selatan Garut Magnitude 5.0 pukul 12.17.51 WIB, dan Gempa Selatan Selat Sunda M 5.2 pada 13.16.22 WIB tidak saling berkaitan.

"Itu berada pada sumber gempa yang berbeda, kedalaman yang berbeda, dan juga berbeda mekanismenya" tegas Daryono, Selasa (7/7).

Sebenar sambung Daryono, Gempa yang terjadi di beberapa wilayah tersebut adalah manifestasi pelepasan medan tegangan pada sumber gempa masing-masing.

"Masing-masing sumber gempa mengalami akumulasi medan tegangan sendiri-sendiri, mencapai stres maksimum sendiri-sendiri, hingga selanjutnya mengalami rilis energi sebagai gempa juga sendiri sendiri.

"Ini konsekuensi logis daerah dengan sumber gempa sangat aktif dan kompleks, Kita memang memiliki banyak sumber gempa sehingga jika terjadi gempa di tempat yang relatif berdekatan lokasinya dan terjadi dalam waktunya yang relatif berdekatan maka itu hanya kebetulan saja," terang Daryono.

BACA JUGA : Gempa Banten Terkini Guncang Sukabumi dan Jakarta

Disinggung lebih jauh dengan terjadinya rentetan Gempa, merupakan pertanda akan terjadi gempa besar, Daryono angkat suara.

Halaman Selanjutnya >>>>