Program Polisi RW, Polres Sukabumi Kota Turunkan 550 Personil Bertugas di 969 RW

Senin, 06 Juli 2020 - 17:41 WIB
Program Polisi RW, Polres Sukabumi Kota Turunkan 550 Personil Bertugas di 969 RW
Program Polisi RW, Polres Sukabumi Kota Turunkan 550 Personil Bertugas di 969 RW

TatarSukabumi.ID - Kepolisian Resor Sukabumi Kota luncurkan program Polisi RW, program tersebut merupakan salah satu program unggulan dari sejumlah program inovasi yang diinisiasi Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni.

AKBP Sumarni menyebut, Program Polisi RW merupakan salah satu program unggulan untuk mendeteksi segala permasalahan hingga ancaman gangguan yang berpotensi timbul di lingkungan masyarakat hingga tingkat terendah RW.

"Program ini sengaja kita buat untuk mendeteksi segala permasalahan yang ada di tengah masyarakat, sehingga kita bisa melakukan langkah preventif Kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah," ungkap  AKBP Sumarni, Senin (06/7/2020).

BACA JUGA : Pantai Selatan Palabuhanratu Kembali Telan Korban, Wisatawan Asal Klaten Jateng Hilang Terseret Arus

Lebih jauh Sumarni menjelaskan, personil yang terlibat dalam Polisi RW, nantinya akan berkoordinasi dan menjalin komunikasi dengan para ketua RW.

“Minimal Polisi RW harus berkoordinasi dan menjalin komunikasi hingga menyambangi para ketua RW dan masyarakat di wilayahnya setiap hari.

"Sehingga segala informasi yang ada di lingkungan masyarakat dapat selalu termonitor" tegas Kapolres Sukabumi Kota.

BACA JUGA : Pelaku Penusukan di Cisolok Dibekuk Polisi

Lebih jauh Sumarni menegaskan, seorang personil Polisi RW memiliki tugas dan tanggungjawab pada 1 hingga 2 ketua RW dalam suatu wilayah.

"Seorang Polisi RW memiliki tugas dan tanggungjawab untuk berkoordinasi dengan 1 atau 2 ketua RW sekaligus, hal ini dikarenakan di setiap desa pun, kami sudah menempatkan anggota Bhabinkamtibmas" kata Dia.

Selain menjadi garda terdepan deteksi dini, Polisi RW memiliki tugas dan kewajiban lain yang tidak kalah penting, seperti memberikan ceramah Kamtibmas serta mensosialisasikan kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan mengajak masyarakat berperan aktif menciptakan kondusifitas jelang Pilkada Sukabumi yang akan digelar Desember mendatang.

“Selain itu, seorang Polisi RW juga memiliki tugas lainnya yang tidak kalah penting untuk mengantisipasi berbagai macam gangguan kamtibmas lain seperti pencurian hingga penyalahgunaan narkoba," tegas Sumarni.

Informasi terhimpun, Polres Sukabumi Kota melibatkan sedikitnya 550 personil anggota dalam menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan 969 ketua RW yang ada di 15 kecamatan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.(")

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI