Objek Wisata Kawah Ratu TNGHS Ditengah Pandemi

Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:32 WIB
Objek Wisata Kawah Ratu TNGHS Ditengah Pandemi
Objek Wisata Kawah Ratu TNGHS Ditengah Pandemi

TatarSukabumi.ID - Selama pandemi Corona hingga saat ini, objek wisata Kawah Ratu yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukabumi masih ditutup untuk umum, Sabtu (27/6/2020).

Upaya ini dilakukan Pengelola menindak lanjuti  surat edaran menteri kehutanan RI dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dengan ditutupnya objek wisata Kawah Ratu, sejumlah pengunjung domestik maupun mancanegara merasa kecewa, terlebih pengunjung yang telah melakukan reservasi (pemesanan) jauh jauh hari sebelum masa pandemi.

Hal ini diungkap Gungun selaku Kepala Resort Kawah Ratu, masih kata Dia, Pihak Resort Kawahratu masih belum dapat memastikan kapan objek wisata ini kembali bisa diakses pengunjung.

"Kawahratu masih ditutup, kami masih menunggu edaran kapan bisa dibuka kembali.

"Pengunjung yang sudah kontak ingin masuk kawasan banyak juga yang kecewa gegara Covid-19," keluh Gungun kepada TatarSukabumi.ID, Sabtu (27/6).

BACA JUGA : Revisi Perda Retribusi PKB Sukabumi Sedang Digodok, Kadishub : Kenaikan Retribusi Masih Dalam Pembahasan

Kepada pengunjung yang telah melakukan reservasi sebelumnya, Pihak Taman Nasional berkomitmen mengembalikan uang pemesanan akibat pembatalan dampak dari pandemi Covid-19.

"Jika sebelumnya ada pengunjung yang sudah booking kunjungan namun terkena pembatalan karena pandemi, saat ini kami akan mengembalikan uang booking tersebut,"imbuhnya.

Lebih jauh Gungun memastikan, kawasan objek wisata Kawahratu cukup terkendali, tidak terpantau pengunjung yang lolos dari pantauan Pos Penjagaan Resort Kawahratu.

Mengingat objek wisata ini memiliki gerbang utama, pengunjung akan dihalau petugas apabila tetap memaksa masuk.

"Kita lakukan penyetopan di gerbang utama dan bila ada pengunjung langsung diminta untuk pulang kembali.

"Untuk sangsi sendiri (kepada pengunjung) memang tidak ada, tamu yang terlanjur datang kami berikan sosialisasi tentang protokol kesehatan," jelas Gungun.

BACA JUGA : Keunikan Gunung Rompang Sukabumi Bukit Mengeluarkan Suara Bukit Punggung Kuda Hingga Panenjoan dan Situs Cagar Budaya

Meski terhitung sejak 26 Juni kemarin, Ridwan Kamil memastikan zona biru bagi Provinsi Jawa Barat, namun Pengelola Resort Kawahratu belum dapat memastikan kapan objek wisata ini akan kembali buka secara normal.

Kepada TatarSukabumi.ID Pengelola TNGHS menghimbau kepada masyarakat maupun pengunjung untuk dapat menahan diri dan tetap mematuhi peringatan dan himbauan pemerintah akan situasi pandemi saat ini.

"Himbauan dari kami kepada masyarakat maupun pengunjung, tinggal di rumah saja, gunakan masker, sering cuci tangan, bawa hand sanitizer, jaga jarak jaga kesehatan, sesuai arahan pemerintah dan tim gugus tugas penanganan Covid-19." ungkap Gungun.(*)