Program Ketahanan Pangan Pesantren, Polres Sukabumi Kota Tanam Sorgum 2 Hektare

Senin, 15 Juni 2020 - 23:34 WIB
Program Ketahanan Pangan Pesantren, Polres Sukabumi Kota Tanam Sorgum 2 Hektare
Program Ketahanan Pangan Pesantren, Polres Sukabumi Kota Tanam Sorgum 2 Hektare
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Polres Sukabumi Kota realisasikan program inovasi bidang zona ketahanan pangan dengan sasaran masyarakat Pondok Pesantren.

Didampingi sejumlah pejabat utama, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP sumarni memberikan benih tanaman Sorgum (sejenis tumbuhan serat/biji-bijian) kepada Ponpes Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Islam Yaspida, Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, Senin (15/6/2020).

Kapolres Sukabumi kota memberikan benih untuk ditanam di lahan ponprs seluas 2 hektare.

Selanjutnya Polwan pertama yang menjadi pucuk pimpinan di Polres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni bersama Pimpinan Ponpes KH. E Mubarak, Istri Bupati Sukabumi, Yani Jatnika Marwan, terjun langsung melakukan penanaman dan memberi edukasi cara bercocok tanam Sorgum.

"Jajaran Polres Sukabumi Kota ingin mengembangkan Sorgum ini ke pesantren-pesantren, kami berharap, pondok pesantren mempunyai zona ketahanan pangan, minimal untuk kebutuhan sendiri atau bahkan nanti bisa untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas" ungkap Sumarni, Senin (15/6).

BACA JUGA : Wisatawan Asal Sukaraja Ditemukan Meninggal Dunia di Palabuhanratu Sukabumi

Sumarni menegaskan, program ini merupakan pilot project yang digagas  untuk meningkatkan zona ketahanan pangan di lingkungan pondok pesantren.

"Kami berharap di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota ada zona ketahanan pangan selain makanan utama padi, jadi kita nanti punya makanan alternatif, makanan pengganti nasi yaitu Sorgum.

"Ini sangat perlu dan penting untuk dikembangkan di Indonesia, saya harap pondok-pondok pesantren menjadi pilot project dalam pengembangan Sorgum" terang Sumarni.

BACA JUGA : Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Palabuhanratu, 3 Rumah dan Sepeda Motor Dilalap Api

Ditempat yang sama, Ketua Ponpes Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Islam Yaspida KH. E Supriatna Mubarak menyatakan apresiasi atas terobosan yang diinisiasi Kapolres Sukabumi Kota yang telah memberikan benih Sorgum di lingkungan pesantren.

"Sore ini kami dikunjungi oleh Kapolres Kota Sukabumi, beliau menginisiasi memberikan stimulasi kepada para santri dengan penanaman Sorgum.

"Insya'Allah kerjasama yang baik antara pihak pesantren dengan Polres Kota Sukabumi ini bisa menjadi hubungan yang sangat sinergis sekali untuk membangun ketahanan pangan khususnya di lingkungan pondok pesantren" ungkap KH. E Supriatna Mubarak.(*)