Persiapan New Normal Sukabumi, PKB Minta Pemerintah Perhatikan Masjid Pesantren dan Sarana Ibadah

Jumat, 29 Mei 2020 - 20:43 WIB
Persiapan New Normal Sukabumi, PKB Minta Pemerintah Perhatikan Masjid Pesantren dan Sarana Ibadah
Persiapan New Normal Sukabumi, PKB Minta Pemerintah Perhatikan Masjid Pesantren dan Sarana Ibadah

TatarSukabumi.ID - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara Parsial di Kabupaten Sukabumi kembali diperpanjang mulai 30 Mei besok.

Dalam PSBB Parsial tahap III ini, Pemkab Sukabumi menetapkan 6 Kecamatan dan 4 Desa kembali melaksanakan PSBB hingga 12 Juni 2020 mendatang.

6 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang akan kembali menerapkan PSBB tahap III meliputi, Kecamatan Cidahu, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Cisaat, dan Kecamatan Sukaraja.

PSBB lanjutan tahap III ini juga akan diterapkan di 4 Desa meliputi Desa Bojonggaling Kecamatan Bantargadung, Desa Citarik Kecamatan Palabuhanratu, Desa Sukadamai Kecamatan Cicantayan dan Desa Wanasari Kecamatan Surade.

BACA JUGA : PSBB Diperpanjang Seluruh Objek Wisata di Sukabumi Masih Tutup Untuk Umum

Salah satu penyebab dilakukannya perpanjangan PSBB di Kabupaten Sukabumi mengingat kasus Covid-19 di darah ini masih cenderung meningkat, sehingga Kabupaten Sukabumi masuk kedalam status zona kuning.

Setelah selesai seluruh tahapan PSBB, rencananya Pemerintah akan melaksanakan strategi baru dalam penanganan pandemi nCov-2019 dengan sebutan New Normal (tatanan hidup baru).

Menindak lanjuti wacana penerapan fase New Life, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sukabumi, Asep Supriatna kepada TatarSukabumi.ID menyatakan kesiapan PKB dalam menyongsong strategi baru pengangan Covid-19 tersebut.

"Kami PKB sepemahaman serta
mendukung kebijakan pemerintahan Jokowi tentang persiapan pelaksanaan pelonggaran PSBB selanjutnya memasuki new normal life.

"Selanjutnya tinggal bagaimana keseriusan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi dalam mempersiapkan segala perencanaan secara profesional menghadapi kebijakan tersebut," ungkap Asep Supriatna, Jumat (29/5).

BACA JUGA : PSBB Sukabumi Diperpanjang Hingga 12 Juni, Inilah 6 Kecamatan dan 4 Desa yang Melaksanakan PSBB Tahap III

Selanjutnya dalam fase New Normal yang dalam waktu dekat diterapkan, Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi berharap, selain skala prioritas dibukanya kembali perekonomian, pendidikan dan pelayanan publik, sarana ibadah Masjid dan Pondok Pesantren harus lebih di perhatikan.

Pun demikian, sesuai ketetapan Pemerintah, Asep Supriatna menghimbau agar Masjid, Pondok Pesantren dan sarana peribadatan untuk lebih meningkatkan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

"Sementara ini kami menilai sejumlah fasilitas ibadah yang belum sepenuhnya menerapkan standar protokol kesehatan, bilamana hal ini masih terjadi dikhawatirkan warga masyarakat akan kesulitan menjalani atau beradaptasi dalam new normal life kedepannya," ungkap Asep.

BACA JUGA : Kendaraan Dihimbau Cari Jalan Alternatif, Jalan Curam Membahayakan di Ruas Jalan Sukabumi - Sagaranten Sedang Perbaikan

PKB berharap kebijakan New Normal dapat sukses diterapkan di Kabupaten Sukabumi khususnya.

"Semoga berdampak positif setelah pemerintah daerah melaksanakan seluruh peraturan new normal," tandasnya.

Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi memastikan dalam waktu dekat akan merapatkan barisan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai besutan Gus Dur dalam menyikapi New Normal.

"Secepatnya dikomunikasikan dengan enam perwakilan fraksi PKB di DPRD, kami akan mendorong  agar pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi bisa mempersiapkan pengalokasian anggaran khusus, yang diperuntukkan bagi kesiapan pesantren-pesantren serta tempat ibadah dalam menghadapi new normal life.

"Selanjutnya guna mensukseskan new normal, pemerintah dapat lebih optimal dengan menjalin komunikasi serta mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam perumusan pengambilan kebijakan lanjutan." beber Asep.(*)