Kendaraan Dihimbau Cari Jalan Alternatif, Jalan Curam Membahayakan di Ruas Jalan Sukabumi - Sagaranten Sedang Perbaikan

Jumat, 29 Mei 2020 - 15:38 WIB
Kendaraan Dihimbau Cari Jalan Alternatif, Jalan Curam Membahayakan di Ruas Jalan Sukabumi - Sagaranten Sedang Perbaikan
Kendaraan Dihimbau Cari Jalan Alternatif, Jalan Curam Membahayakan di Ruas Jalan Sukabumi - Sagaranten Sedang Perbaikan

TatarSukabumi.ID - Kendaraan roda dua maupun empat yang melintas di ruas Jalan Sukabumi - Sagaranten untuk sementara waktu dihimbau mencari jalan alternatif.

Pasalnya, terjadi kerusakan jalan yang cukup parah di ruas jalan Sukabumi - Sagaranten akibat bencana pergerakan tanah tahun 2019 silam.

Saat ini, tengah dilakukan perbaikan jalan dengan titik terparah berada di titik wilayah Kampung Gunungbatu, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkap Wisnu, Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan wilayah 3 (KSPPJJ-3) pada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA : Nasib Jalan Rusak Desa Kertaangsana Nyalindung Kabupaten Sukabumi Pasca Rusak Tahun Lalu

Kepada TatarSukabumi.ID, Wisnu menyatakan ruas jalan Provinsi tersebut sedang dalam proses perbaikan yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga Provinsi  Jawa Barat.

"Betul, Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menutup (sementara) akses jalan tersebut, karena sedang ada perbaikan," ujar Wisnu, Jumat ( 29/5).

Lebih jauh menurut Wisnu, Pihaknya telah menurunkan alat berat di titik terparah kerusakan

"Sekarang penanganan untuk daerah tanjakan, kami lakukan pelandaian karena sangat riskan, terlalu curam, dan membahayakan pengguna jalan," jelas Wisnu.

BACA JUGA : Truk Seruduk Nasabah dan Pagar Bank Jabar Banten (BJB) Jampang Kulon

Masih kata Wisnu, selain pemusatan perbaikan jalan akibat bencana pergerakan tanah, sejumlah titik sepanjang ruas jalan Sukabumi - Sagaranten dilakukan perawatan.

"Dan perlu diketahui kontur tanah tersebut (Kertaangsana) labil dan kedepannya kita akan buat jalan baru," tandasnya.

Disinggung terkait sejumlah kasus kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi dilokasi Ciangsana, Wisnu angkat suara.

"Ini juga jadi kendala, sudah ada himbauan untuk pembatasan beban muat kendaraan, tapi bukti dilapangan seperti yang kita ketahui masih banyak kendaraan beban besar dan berat melintasi jalan tersebut.

"Sebelumnya kami sepakat dengan pihak Dishub, PU Kabupaten, Organda, pihak Kecamatan dan perwakilan Anggota DPRD Kabupaten untuk membatasi kendaraan besar," beber Wisnu.

BACA JUGA : Sepanjang Pandemi 1 ODP dan 20 PDP Meninggal Dunia di Sukabumi

Sementara itu, Kepala Desa Ciangsana, Ence Ruswandi kepada TatarSukabumi.ID menyatakan apresiasi atas upaya cepat yang telah dilakukan Dinas terkait terhadap keluhan warga masyarakat dan pengguna jalan.

"Info saat ini untuk penanganan jalan provinsi di Kampung Gunungbatu, tengah dilakukan pelebaran bahu jalan sepanjang 2 meter dari jalan asal.

"Selanjutnya dilakukan pengerasan jalan dengan bahan matrial oleh Dinas Bina Marga Jawa Barat," ungkap Kades.

"Dinas PU menurunkan dua unit alat berat untuk perbaikan jalan.Kedepannya akan dilakukan relokasi jalan menjadi jalan baru, alhamdulilah ada perhatian lebih dari pihak PU Provinsi ke Desa Kertaangsana," beber Ence Ruswandi.(*)