7 Menu Paling Diburu Setelah Lebaran Usai, Nomor 6 Ikan Asin

Selasa, 26 Mei 2020 - 23:35 WIB
7 Menu Paling Diburu Setelah Lebaran Usai, Nomor 6 Ikan Asin
7 Menu Paling Diburu Setelah Lebaran Usai, Nomor 6 Ikan Asin

Selain harga yang relatif terjangkau bagi berbagai kalangan, Mie seolah telah di daulat sebagai makanan kedua atau pengganti nasi sehingga menjadi alternatif lain menu favorit usai Lebaran.

5. Lalap

Lalap merupakan makanan sederhana dan digadang gadang sebagai salah satu ciri khas makanan masyarakat kita.

Padahal di sejumlah negara Amerika, Eropa, maupun negara lain dibelahan dunia mengenal makanan dari dedaunan yang di kenal dengan sebutan salad, mungkin bisa nyaris dibilang sama dengan lalapan namun faktanya cukup jauh berbeda.

Masyarakat kita gemar makan makanan pedas, berbeda dengan salad, masyarakat kita menyantap lalapan dengan sambal.

BACA JUGA : 7 Hal yang Bikin Nyesek, Ngeselin Saat Lebaran Nomor 6 Bikin Ngagetin Lho

Tidak hanya lalapan jenis dedaunan maupun sayuran, lalapan dari jenis bebauan seperti Petay dan Jengkol akan sangat dirindukan saat lidah kita mulai bosan dengan makanan khas Lebaran.

6. Ikan Asin

Bagi suku Sunda khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya, makanan berbahan Ikan yang diawetkan dengan garam ini dinilai cukup akrab di lidah mereka.

Makanan dengan wangi aroma yang cukup khas ini, merupakan alternatif menu yang akan menggugah selera makan, terlebih menu daging khas lebaran dipastikan membuat bosan lidah, maka ikan asin di cocol sambal dimakan bersama lalapan dipastikan menjadi makanan yang akan dirindukan usai Lebaran.

7. Beubeye / Beleketek

Merupakan makanan yang tercipta dari sisa sisa hidangan khas lebaran yang di campur menjadi satu.

Ciri khas makanan ini adalah Sambal Goreng kentang, usai lebaran agar tidak menjadi basi, kentang goreng, bihun, sisa potongan daging dan makanan khas lebaran lain dimasak secara bersamaan sehingga menghasilkan aroma dan rasa khas dari jenis makanan ini.

Sebagian wilayah di Jawa Barat menyebut makanan ini sebagai Beubeye, sebagian lain menyebutnya Beleketek, bahkan mungkin ada sebutan lain di daerah berbeda, namun yang jelas Ibu-ibu di bagian wilayah Indonesia lain pun mungkin akan melakukan hal sama yakni mencampur sisa makanan khas lebaran, mungkin memang agar tidak cepat basi atau ada alasan lain?.

Beleketek atau Beubeye cukup nikmat jika dicocol dengan Uli atau Ulen, bahkan dihidangkan dengan hanya nasi putih pun makanan ini cukup recomended.

Itulah 7 menu yang paling di buru usai Lebaran yang berhasil dirangkum TatarSukabumi.ID, ketujuh makanan tersebut disinyalir telah menjadi menu wajib bahkan menjadi tradisi menu wajib dan favorit saat Lebaran usai.

Catatan penting lainnya, 7 menu yang paling di buru usai Lebaran ini, akan semakin istimewa dan lebih terasa nikmat apabila disantap secara ngariung (rame - rame).(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI