Situ Cukang Paku Sukabumi Ditutup Untuk Umum

Selasa, 26 Mei 2020 - 15:36 WIB
Situ Cukang Paku Sukabumi Ditutup Untuk Umum
Situ Cukang Paku Sukabumi Ditutup Untuk Umum

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, pastikan destinasi wisata Danau Situ Cukang Paku ditutup untuk umum sepanjang musim liburan Idul Fitri 2020/1441 Hijriah.

Untuk diketahui, Situ Cukang Paku merupakan Danau indah yang berada di tengah hutan Pinus di Desa Sirnasari yang belakangan jadi destinasi wisata baru buruan wisatawan lokal hingga luar daerah.

Di musim papajar istilah warga Sukabumi mengisi liburan Lebaran, Danau dengan air jernih berwarna kehijauan, cukup kontras berpadu dengan deretan pohon Pinus yang berbaris rapi disekitar tepian Danau, aroma oksigen bersih yang menusuk hidung mengundang pelancong yang datang berbondong.

Namun untuk mengantisipasi penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19, Pemerintah Desa bersama pengelola wisata Situ Cukang Paku sepakat menutup sementara kawasan wisata ini.

BACA JUGA : Cibadak Diperketat, Kendaraan Menuju Palabuhanratu Geopark Ciletuh dan Sekitarnya Dihalau Putar Balik

Kepala Desa Sirnasari, Bambang Gunawan, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, meski dengan berat hati pemerintah Desa dan pengelola menutup sementara destinasi wisata ini.

"Untuk sementara kita tutup tempat wisata ini, meski sejak awal kita sudah tutup dan terpampang spanduk peringatan untuk tidak berwisata ditengah pandemi Covid-19, tapi tetap saja masih banyak pengunjung yang datang," ungkap Bambang, Rabu (26/5/2020).

Untuk pengunjung sekitar wilayah Desa, Bambang mengaku masih bisa memaklumi, sebagai langkah antisipasi, Pemdes melakukan pengamanan dengan melakukan pengukuran suhu tubuh serta pembagian masker bagi pengunjung khusus warga setempat.

"Kami tetap menghimbau dan mensosialisasikan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," tegas Bambang.

BACA JUGA : Gegara Corona Objek Wisata Palabuhanratu dan Geopark Ciletuh Ditutup, Curug Caweni Cidolog Malah Buka

Namun sambung Bambang, kekhawatiran timbul kepada pengunjung dari luar daerah yang berpotensi membawa virus masuk ke kawasan Desa Sirnasari.

"Kami meminta kesadaran kepada pengunjung agar sementara tidak melakukan aktivitas piknik sesuai anjuran pemerintah.

"Saya berharap semoga pandemi ini cepat berakhir sehingga kita bisa beraktivitas kembali secara normal, dan bisa menikmati kembali suasana alam Situ Cukang Paku. Setelah pandemi ini berakhir Situ Cukang Paku akan kembali dibuka untuk umum." tandasnya.(*)