Pusat Gempa Sukabumi Getaran Terasa Hingga Bogor dan Bandung

Kamis, 30 April 2020 - 16:39 WIB
Pusat Gempa Sukabumi Getaran Terasa Hingga Bogor dan Bandung
Pusat Gempa Sukabumi Getaran Terasa Hingga Bogor dan Bandung

TatarSukabumi.ID - Gempa tektonik yang memiliki parameter awal berkekuatan magnitudo 5.0 terjadi pada pukul 15.22.00 WIB di wilayah selatan Sukabumi  Kamis (30/4/2020).

Selanjutnya hasil analisis BMKG menunjukkan gempa dimutakhirkan menjadi 4.9 skala richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.44 LS dan 106.69 BT, atau tepatnya berada di wilayah laut 48 kilometer bagian Tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 50 kilometer.

Dilansir dari BMKG, jenis dan mekanisme Gempa ini tergolong dalam gempa dangkal yang terjadi akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa Gempa ini memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault).

BACA JUGA : Gempa Terkini Sukabumi Hari ke 7 Ramadhan 1441 H

Guncangan gempa dapat dirasakan di seluruh wilayah Sukabumi, sebagian wilayah Cibeber - Cianjur dan Bayah - Banten dengan intensitas III MMI.

Gempa juga dirasakan hingga wilayah Pangalengan Bandung,  dengan intensitas II-III MMI sementara getaran di wilayah Puncak Bogor dan sekitarnya intensitas berada pada  II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa, dan hasil pemodelan data ini menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Hingga sore pukul 16.00 WIB, BMKG belum mencatat adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI