Loading...

IPB dan Pemdes Cipeteuy Susun Dokumen Kelayakan dan Rencana Pengembangan Desa Wisata

Senin, 24 Februari 2020 - 07:36 WIB
IPB dan Pemdes Cipeteuy Susun Dokumen Kelayakan dan Rencana Pengembangan Desa Wisata
IPB dan Pemdes Cipeteuy Susun Dokumen Kelayakan dan Rencana Pengembangan Desa Wisata

TatarSukabumi.ID - Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi unsur terpenting dalam pembangunan pariwisata, tidak terkecuali keberadaan masyarakat di desa wisata.

Pemerintah Desa Cipeuteuy dan P4W IPB melakukan kajian kelayakan dan rencana pengembangan desa wisata di aula kantor Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu (23/2/2020).

Ditemui disela acara, Thomas Oni Veriasa selaku fasilitator Bimtek kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan studi kelayakan pengembangan desa wisata penting dilakukan untuk memastikan potensi wisata yang dapat dikembangkan, ketersediaan sumberdaya manusia, modal sosial masyarakat, dukungan sarana prasarana dan penunjang wisata desa.

BACA JUGA : Ikan Sidat 'Lubang' Terbaik dan Terbanyak Ada di Sukabumi Kebutuhan Ekspor Seribu Ton

Lebih jauh menurut Thomas, keterlibatan masyarakat dalam proses kajian ini menjadi penting dalam rangka menentukan arah pembangunan pariwisata desa Cipeuteuy.

"Terpenting adalah kesiapan masyarakat dalam menerima wisata dan mengembangkannya berbasis potensi lokal yang dimiliki", kata Thomas, Minggu (23/3).

Sementara itu Sekretaris Desa Cipeuteuy, Asep Dian Suryana menyatakan kegiatan ini merupakan agenda pemerintah desa Cipeteuy yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah desa, dengan di susunnya dokumen kajian kelayakan dan rencana desa wisata, maka pemerintah desa dan masyarakat akan lebih siap.

Lebih jauh Sekdes menambahkan tujuan utama bimtek adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam menciptakan produk wisata yang berdaya saing.

"Wisatawan mancanegara datang ke Indonesia bukan hanya ke destinasi wisata populer namun bisa berkunjung ke desa-desa wisata, oleh karena itu kuncinya adalah pada kesiapan dan kreativitas dari masyarakat desa sendiri.

"Dengan tersusunnya dokumen kajian dan master plan desa wisata ini pemerintah desa bersama masyarakat akan lebih siap. Keberhasilan suatu desa wisata sangat ditentukan kesiapan masyarakat setempat, sejauh masyarakat bisa mengelola potensi desa yang dimiliki juga meningkatkan pelayanan pada wisatawan,"tandasnya.(*)