Polres Sukabumi Tutup 44 Tambang Emas Ilegal di Sukabumi

Kamis, 06 Februari 2020 - 15:44 WIB
Polres Sukabumi Tutup 44 Tambang Emas Ilegal di Sukabumi
Polres Sukabumi Tutup 44 Tambang Emas Ilegal di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Ratusan personil gabungan Polres Sukabumi, TNI, Polhut Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Sat Pol PP Kabupaten Sukabumi, menggelar operasi penertiban penambang emas liar di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) wilayah Cipanengah, Desa Cikelat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Kamis (06/02/20).

Ditengah derasnya hujan, tim yang pimpin langsung Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra menyisir sejumlah titik tambang liar di Kawasan Cisolok.

Target operasi kali ini meliputi 7 wilayah penambangan emas tanpa izin (Peti) diantaranya Blok Cibangkol, Cicadas, Sikluk, Peuteuy, Pengeboran, Talun, dan Blok Gunung Peti.

Dari tujuh titik sasaran target operasi, tim gabungan berhasil mengamankan 44 lubang tambang galian emas liar.

BACA JUGA : Penjelasan Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota Terkait Uji Coba Penerapan e-Tilang Sistem CCTV di Sukabumi

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, personil gabungan dibagi menjadi 7 kelompok menyisir setiap target operasi di pimpin oleh dua orang Perwira pengendali,  personil dilengkapi berbagai alat perlengkapan, cangkul, golok, untuk meruntuhkan tenda para Gurandil (Penambang).

"Operasi penertiban tambang ilegal dilakukan dalam rangka menyelamatkan lingkungan.

"Kepada seluruh anggota untuk tetap menjaga keselamatan diri dalam melaksanakan operasi, lakukan penertiban secara persuasif mengacu pada SOP yang telah ditentukan," tegas Nuredy, Kamis (6/2).

BACA JUGA : Lagi-lagi Masalah Bank Emok dan Kosipa Ratusan Massa Geruduk DPRD Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya lubang galian tambang ilegal di tutup dan dipasang garis kuning Kepolisian (police line).

Tidak hanya menyisir lokasi tambang di Cisolok, Kapolres Sukabumi memimpin pasukannya menyisir tempat pengolahan emas di wilayah Cibareno perbatasan Lebak Propinsi Banten.

"Operasi berjalan sukses dengan hasil melebihi target yang telah di tetapkan." jelas Kapolres Sukabumi.(*)