Jembatan Gantung Sungai Ciseuruh Nyaris Putus

Selasa, 28 Januari 2020 - 15:10 WIB
Jembatan Gantung Sungai Ciseuruh Nyaris Putus
Jembatan Gantung Sungai Ciseuruh Nyaris Putus
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Jembatan gantung (Rawayan*Sunda) Muara Sungai Ciseureuh sebagai akses utama warga Kampung Ciniti, Cilopang, Panunggulan dan Kampung Calincing, Desa/Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi rusak parah.

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, kondisi jembatan gantung nyaris terputus dan tidak bisa diakses warga 4 kampung sejak Senin (27/1) kemarin.

Heru Hadiwibowo (38) warga setempat kepada TatarSukabumi.ID mengeluhkan kondisi jembatan gantung beralas kayu yang nyaris putus, padahal jembatan ini merupakan satu satunya akses terdekat masyarakat menuju pusat pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan akses utama perekonomian masyarakat.

BACA JUGA : Tebing di Desa Ginanjar Ciambar Tergerus Longsor

Masih kata Heru, panjang jembatan sekitar 60 meter dengan lebar 1,5 meter saat ini tidak dimungkinkan bisa diakses warga setempat.

"Ini jalur terdekat warga, kalau muter memakai jalan lain jauh sekitar 10 kilometer, dengan kondisi jalan rusak karena masih tanah dan juga berbatu," keluh Heru, Selasa (28/1).

Menurut Heru, kawat sling jembatan tertimpa batang pohon kelapa yang terbawa hanyut air saat banjir Senin kemarin.

"Hujan di hulu akibatnya debit sungai besar dan menghanyutkan pohon kelapa, lalu menghantam tiang jembatan sebelah yang dibangun tapi tak pernah kunjung selesai," jelasnya.

Siang ini, jembatan kembali dapat diakses, warga bersama pemerintah setempat bergotong royong melakukan perbaikan sementara jembatan. (*)