Dari 1400 Kilometer Jalan Kabupaten Sukabumi 85 Persen Mulus

Jumat, 24 Januari 2020 - 09:50 WIB
Dari 1400 Kilometer Jalan Kabupaten Sukabumi 85 Persen Mulus
Dari 1400 Kilometer Jalan Kabupaten Sukabumi 85 Persen Mulus
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, memastikan 85 persen ruas jalan di Kabupaten Sukabumi dalam kondisi baik.

"Dari panjang jalan Kabupaten Sukabumi sekitar 1.400 kilometer, 85 persennya dalam kondisi baik. Sisanya akan terus dilanjutkan di 2020 ini," tegas Marwan disela peresmian program Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K) Desa Cilangkap, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/1/2020) kemarin.

Lebih jauh Marwan mengatakan, percepatan pembangunan infrastruktur ini dilaksanakan untuk mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, mengingat standar pelayanan peningkatan kesejahteraan masyarakat ialah lewat infrastruktur.

"Berdasarkan survei pembangunan, rata rata permintaan masyarakat ialah infrastruktur jalan. Jalan menjadi faktor utama berinteraksi. Termasuk secara ekonomi, sosial, hingga penanganan kesehatan," tandasnya.

BACA JUGA : Dua Ribu Orang Dengan Gangguan Jiwa di Sukabumi, KPU : Mereka Berhak Mendapat Hak Suara di Pilkada 2020

Dengan kondisi jalan yang sudah baik,  sambung Bupati, Masyarakat diharapkan bisa menjaga agar ketahanan jalan bisa bertahan lebih lama.

"Harus tahu juga beban jalan, termasuk mengalirkan air ke gorong gorong. Sehingga tidak ada air yang menggenang di jalan hingga merusaknya. Dalam hal ini perlu sikap gotong royong dari masyarakat," ungkap Marwan.

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi menegaskan saat ini terdapat program bedah kampung untuk menyelesaikan persoalan di tingkat Desa.

Lebih jauh menurutnya, di tahun sebelumnya, bantuan rutilahu disebar ke seluruh wilayah kabupaten Sukabumi  namun tahun 2020 ini, rencananya Pemkab Sukabumi akan memfokuskan pembangunan rutilahu pada beberapa titik desa yang di anggap tertinggal.

"Kalau misalnya ada 20 Rutilahu di satu kampung, maka akan dibedah semuanya. Termasuk sanitasi hingga yang lainnya. Insha Allah beberapa tahun ke depan tidak ada lagi rutilahu di Kabupaten Sukabumi," tegas Marwan.

BACA JUGA : HUT 47 PDI Perjuangan Rapatkan Barisan Merahkan Palabuhanratu Jelang Pilkada Sukabumi

Sementara itu Kepala Desa Cilangkap Suhendi mengatakan, pembangunan jalan sepanjang 2,5 KM atas program P3K dinilai sangat membantu masyarakat.

Masih kata Dia, Jalan penghubung Patok Besi hingga Joglo ini perlu waktu lebih dari lima tahun jika dibangun menggunakan dana desa mengingat anggaran pembangunan jalan melalui dana desa hanya berkisar 400 meter per tahunnya.

"Dulu jalannya hancur. Sekarang sudah baik. Bahkan mengantarkan orang yang sakit pun sudah tidak kesulitan, termasuk menjual hasil pertanian masyarakat.

"Tahun ini ada anggaran lagi untuk melanjutkan pembangunan jalan. Sehingga masyarakat benar benar merasakan jalan yang baik..Insya Allah tahun ini dapat anggaran lagi untuk jalan," beber Suhendi.(*)