Tanggul Irigasi di Cicurug Jebol Air Rendam Rumah Warga

Selasa, 07 Januari 2020 - 16:12 WIB
Tanggul Irigasi di Cicurug Jebol Air Rendam Rumah Warga
Tanggul Irigasi di Cicurug Jebol Air Rendam Rumah Warga
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Hujan deras disertai angin kencan melanda wilayah Cicurug hingga mengakibatkan irigasi sepanjang 15 meter dan tinggi 6 meter jebol dan mengakibatkan longsor menimpah dua rumah warga di Kampung Ciutara RT 01 RW 01, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (7/01/2020).

"Saat kejadian hujan besar kami sekeluarga di dalam rumah.  Saat irigasi jebol suami teriak untuk selamatkan anak-anak. Saya langsung lari keluar rumah untuk selamatkan diri kemudian di susul kembali air deras langsung masuk kedalam rumah, " Ujar Minarsih pemilik rumah yang terdampak longsor, Selasa (7/1).

Meski saat ini kondisi air didalam rumah sudah surut, namun diding rumah Minarsih mengalami retak dan teras rumah rusak.

"Saya mohon pemerintah bisa menindak lanjuti lokasi bencana tersebut dan membantu kami," harapnya.

BACA JUGA : Sempat Terdengar Suara Ledakan Sebuah Rumah di Surade Rata Dengan Tanah

Dari pantauan TatarSukabumi.ID di lokasi bencana, Unsur Muspika Cicurug dan Pemdes setempat tengah memantau dan lokasi amblasnya irigasi dan mendata kerugian warga yang terdampak.

"Saluran irigasi ini baru 6 bulan karena hujan dari pagi tidak berhenti mengakibatkan jebolnya tanggul yang tidak kuat menahan air dan menimpa 2 rumah warga hingga terendam air setinggi mata kaki," ungkap Iwan Ridwan Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug.

BACA JUGA : Dana Hibah Pemprov Jabar 6,8 Milyar Bagi Seluruh Posyandu Sukabumi, Marwan Hamami : Laksanakan Secara Baik dan Bermartabat

Disinggung soal upaya tindak lanjut atas bencana ini, Iwan Ridwan mengatakan untuk perbaikan saluran irigasi merupakan kewenangan PSDA.

Halaman Selanjutnya >>>>