Polres Sukabumi Kota Dishub dan BNNK Sukabumi Rampchek Bus dan Tes Urine Awak Angkutan Umum Jelang Nataru

Selasa, 24 Desember 2019 - 18:51 WIB
Polres Sukabumi Kota Dishub dan BNNK Sukabumi Rampchek Bus dan Tes Urine Awak Angkutan Umum Jelang Nataru
Polres Sukabumi Kota Dishub dan BNNK Sukabumi Rampchek Bus dan Tes Urine Awak Angkutan Umum Jelang Nataru
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Jelang libur Natal dan pergantian tahun 2019, Polres Sukabumi Kota bersama BNNK Sukabumi, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kementrian Perhubungan, Dishub Kota Sukabumi dan Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kendaraan (rampcheck) angkutan umun dan Bus di Terminal Type A Jalan Lingkar Selatan, Sukabumi, Selasa (24/12/2019).

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, mengatakan pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan angkutan umum dan bus yang beroperasi selama libur panjang Nataru (Natal dan Tahun Baru).

"Hari ini Polres Sukabumi Kota bersama instansi terkait melakukan pengecekan di terminal Type A Baros, kita melakukan pengecekan terhadap bus baik itu kelayakan teknis yaitu lampu, rem dan lain-lain juga kelayakan penunjang seperti apar, kotak P3K serta mengecek administrasi baik itu KIR maupun SIM." Ujar Wisnu Prabowo, Selasa (24/12).

BACA JUGA : Polsek Kebonpedes Santuni Korban Rumah Roboh di Hari Ibu

Selain itu, pemeriksaan kesehatan dan narkoba turut dilakukan terhadap puluhan sopir angkutan bus oleh jajaran dinas kesehatan BNNK Sukabumi dan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota.

"Kamipun melalukan cek urin bagi supir bus, kita juga berikan himbauan kepada penumpang dan menempelkan sticker himbauan apabila supir ugal-ugalan agar bisa diingatkan" tutur Kapolresta Sukabumi.

Kapolres juga menegaskan akan memberikan tindakan kepada supir bus yang positif mengonsumsi zat-zat berbahaya, juga terhadap kendaraan bus yang tidak layak administrasi maupun tidak melengkapi alat penunjang lainnya.

"Pasti akan kami berikan tindakan baik itu teguran untuk dilengkapi, dan apabila ditemukan supir yang positif akan kami proses lebih lanjut oleh Sat Narkoba" tegasnya.

BACA JUGA : Avanza Terbalik di Tanjakan Letter S Cikidang

Sementara itu, Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial mengatakan, BNNK Sukabumi bersama Polres Sukabumi Kota dalam rangka pengamanan Nataru 2019 melaksanakan tes urine sekaligus memberikan sosialisasi P4GN (Pencegahan,Pemberantasan,Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) bagi awak kendaraan umum dan Bus.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata Polres Sukabumi kota, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi serta Pemerintah Kota Sukabumi dalam menunjang kesiapan Natal dan Tahun Baru 2019 serta merupakan upaya P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) di wilayah Sukabumi.

"Kali ini langkah yang dilakukan oleh Petugas gabungan merupakan komitmen bersama dalam perang melawan Narkoba, termasuk Kegiatan seperti ini merupakan agenda rutin BNNK Sukabumi yang bersinergi dengan unsur lainnya di kota Sukabumi demi mewujudkan Sukabumi bersih Narkoba." ungkap Yus Danial.(*)