BPR HIK Cibitung Permodalan Syariah Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil di Sukabumi

Selasa, 17 Desember 2019 - 22:22 WIB
BPR HIK Cibitung Permodalan Syariah Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil di Sukabumi
BPR HIK Cibitung Permodalan Syariah Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil di Sukabumi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Perkembangan usaha mikro dan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) Sukabumi tahun 2019 ini mengalami lonjakan peningkatan yang cukup signifikan.

Salah satu kendala yang dirasakan oleh beberapa pegiat usaha mikro dan UKM di Sukabumi yang kerap menjadi permasalahan mendasar yakni suntikan permodalan bagi pengembangan usaha.

Salah satu solusi dihadirkan Bank Pembiayaan Rakyat Harta Insan Karimah (BPR/HIK) Cibitung,  Cabang Sukabumi sebagai salah satu lembaga pembiayaan dengan sasaran memberikan pinjaman permodalan bagi pelaku usaha mikro maupun UKM.

BACA JUGA : Gedung Puskesmas Hanjeli Waluran Sukabumi Jadi Sorotan

Tidak hanya memberikan pembiayaan permodalan bagi pelaku usaha mikro dan kecil, salah satu program BPR HIK Cibitung lainnya adalah peningkatan kualitas sanitasi perumahan bagi masyarakat atau nasabah yang tergabung dan menjalin kerjasama dengan BPR HIK Cibitung.

Dengan sistem pembiayaan permodalan syariah, pelaku usaha mikro yang bekerjasama dengan lembaga pembiayaan ini harus tergabung dalam sebuah wadah kelompok dengan jumladibangun l 10 orang setiap kelompoknya.

Salah satu kelompok binaan yang tergolong sukses menjalin kerjasama adalah Kelompok Binaan Lamping yang berada di Kelurahan Gedongpanjang Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi.

Kerjasama permodalan yang dibangun BPR/HIK Cibitung bersama mitra binaan dijalin dengan metode diskusi, tukar pikiran terkait keluhan maupun kendala yang dihadapi mitra binaan dalam menjalankan usahanya.

BACA JUGA : Stabilitas Barang Kebutuhan Pokok Jelang Natal dan Pergantian Tahun 2019 Sukabumi

Disela kegiatan bersama kelompok Binaan Lamping, Sutiawan selaku KLBM BPR/HIK Cibitung Cabang Cicantayan Sukabumi, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, setiap pertemuan Pihaknya selalu memberikan edukasi dengan metode pendekatan kekeluargaan dan materi yang mudah dipahami masyarakat.

Lebih jauh Sutiawan menjelaskan, bagi nasabah baru, BPR/HIK Cibitung memberikan suntikan permodalan sebesar Rp 3 juta kepada setiap nasabah perorangan.

Halaman Selanjutnya >>>>