39 Ormas di Sukabumi Minta MUI dan Baznas Berantas Bank Emok, AMIR : Korban Bank Emok Sampai Jual Diri

Rabu, 11 Desember 2019 - 12:56 WIB
39 Ormas di Sukabumi Minta MUI dan Baznas  Berantas Bank Emok, AMIR : Korban Bank Emok Sampai Jual Diri
39 Ormas di Sukabumi Minta MUI dan Baznas Berantas Bank Emok, AMIR : Korban Bank Emok Sampai Jual Diri
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Fenomena praktek peminjaman uang berjuluk "Bank Emok" di Sukabumi semakin menuai banyak sorotan.

Kali ini, permasalahan Bank Emok dibawa Aliansi Muslim Indonesia Raya (Amir) ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Baznas Kabupaten Sukabumi.

Untuk diketahui, Amir merupakan konsorsium (persatuan) dari 39 organisasi masyarakat (ormas) Islam maupun Nasionalis yang baru didirikan sekira 5 bulan terakhir tahun 2019.

Hari ini, perwakilan dari 39 Ormas Sukabumi datangi MUI dan Baznas untuk membahas fenomena maraknya Bank Emok yang dilangsungkan di Gedung Umat Baznas Cisaat Sukabumi, Rabu (11/12/2109).

BACA JUGA : Bank Emok Penyebab Cekcok Rumah Tangga dan Perceraian, Solusi Nyata Pemkab Sukabumi Berangus Bank Emok

Dalam pertemuan ini, Abi Aha selaku Sekretaris Jendral Amir, dalam pembukaan pertemuan kali ini membeberkan maksud dan tujuan awal dari pendirian Amir diantaranya adalah untuk menurunkan niat jihad, sera menguatkan ukhuwah islamiah dan persaudaraan umat muslim.

Substansi yang di bawa oleh Amir didalam pertemuan kali ini dipicu oleh maraknya praktik riba yang dinilai telah meresahkan masyarakat.

"Tidak hanya menjadi isu, sorotan maupun gunjingan, tapi sudah menjadi sebuah fenomena yang mengakibatkan dekadensi moral dan akidah di Sukabumi. Maraknya rentenir di Sukabumi baik itu namanya Bank Emok, bank keliling, pinjaman berkedok syariah dan sebagainya yang jelas itu merupakan praktek riba,"

"Praktik rentenir mengakibatkan banyak masyarakat muslim yang dirugikan, ada yang sampai jual diri, bunuh diri, diusir hingga barangnya di sita, saat ini itulah fenomena yang terjadi Sukabumi." ungkap Abi, Rabu (11/12).

BACA JUGA : Pantai Talanca Palabuhanratu Lebih Indah dari Pantai Newzealand 10 Ton Sampah Dibersihkan

"Kami menanyakan sejak kapan MUI dan Baznas mengetahui kondisi (rentenir) ini, dan langkah apa yang akan dilakukan MUI dan Baznas,"

"Kami ingin tahu apa sih penyebab penyakit ini dan solusi dengan langkah yang sistematis terstruktur atas fenomena ini yang akan dilakukan MUI dan Baznas Sukabumi,"

"Kami menegaskan siapapun yang mendukung upaya riba merupakan musuh kami," tegas Abi.

Pertemuan ini dihadiri MUI Kota dan Kabupaten Sukabumi, Baznas, Diskoperindag Kabupaten Sukabumi.(*)