Loading...

Irigasi Sabilulungan Kabandungan Sukabumi Diterjang Longsor 30 HA Areal Pertanian Terancam

Sabtu, 07 Desember 2019 - 19:41 WIB
Irigasi Sabilulungan Kabandungan Sukabumi Diterjang Longsor 30 HA Areal Pertanian Terancam
Irigasi Sabilulungan Kabandungan Sukabumi Diterjang Longsor 30 HA Areal Pertanian Terancam

TatarSukabumi.ID - Pasca longsor yang menerjang irigasi Sabilulungan hingga mengakibatkan 5 Hektare lahan tertimpa tanah longsor pada Jumat (6/12) malam kemarin, warga gotong royong memperbaiki saluran irigasi yang berada di Kampung Darmaga RT 08/ RW 08, Kadusunan Leuwi Waluh 1, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

Saluran irigasi Sabilulungan merupakan akses vital bagi pengairan lahan di wilayah Desa Cipeteuy.

Irigasi ini dibutuhkan untuk mengairi setidaknya 30 hektare lahan pertanian, bahkan sebagian warga menggunakan saluran irigasi untuk memenuhi kebutuhan MCK.

BACA JUGA : Longsor di Kabandungan 5 HA Sawah Tertimbun Material Longsor

"Luasan lahan persawahan yang tertimbun longsor ada kira kira 5 ha milik warga diantaranya atas nama Jaja, Jaya, Rawi, Marsa, Ajat, Ipih, Asik dan Madnan," ungkap Priyatna, Kepala Dusun Leuwi Waluh, Sabtu (7/12).

Hingga pukul 16.00 WIB sore tadi, sambung Kadus, irigasi Sabilulungan masih belum berfungsi secara normal, mengingat kondisi cuaca yang dikhawatirkan kembali hujan dan terjadi longsor susulan.

"Jadi air untuk sementara diutamakan hanya untuk memenuhi kebutuhan warga, sambil menunggu penanganan lanjut dari dinas terkait, rencananya besok akan ada survei dari Dinas PSDA," beber Priyatna.

BACA JUGA : Tergerus Longsor Rel Kereta Api Tergantung, KA Pangrango Sukabumi - Bogor Sementara Tidak Beroperasi

Mewakili wara setempat, Supriyatna Pemerintah secepatnya melakukan upaya penanganan, mengingat irigasi tersebut menjadi gantungan hidup petani setempat.

"Mudah mudahan cepat ditangani, karena jika lambat akan menghambat kebutuhan warga akan air, selain kebutuhan untuk rumah tangga juga untuk mengairi sawah yang luasnya lebih dari 30 hektare," ungkapnya.(*)