Loading...

Kondisi Terkini Proses Evakuasi Rel Kereta Api Sukabumi Bogor yang Tergantung Diterjang Longsor

Sabtu, 07 Desember 2019 - 15:35 WIB
Kondisi Terkini Proses Evakuasi Rel Kereta Api Sukabumi Bogor yang Tergantung Diterjang Longsor
Kondisi Terkini Proses Evakuasi Rel Kereta Api Sukabumi Bogor yang Tergantung Diterjang Longsor

TatarSukabumi.ID - Kereta Api Pangrango Sukabumi - Bogor dalam waktu dekat dipastikan akan kembali beroperasi, pasca longsor yang menggerus pijakan dasar rel hingga mengakibatkan rel kereta api tergantung.

Amblasnya tanah penahan rel kereta ini terjadi pada track antara Stasiun Parungkuda - Cicurug tepatnya di Kampung Cicewol, RT 04/RW 04 Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.

Sejak pagi hingga pukul 13.00 WIB siang ini, petugas PT KAI berjibaku melakukan evakuasi rel yang tergantung dengan panjang 12,6 meter, dengan 26 bantalan rel yang menggantung di atas ketinggian 4 meter, Sabtu (7/12/2019).

BACA JUGA : Tergerus Longsor Rel Kereta Api Tergantung, KA Pangrango Sukabumi - Bogor Sementara Tidak Beroperasi

Executive Vice Presiden PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah yang turun langsung di lokasi longsor mengatakan, PT KAI telah melakukan tugas secara optimal untuk penanganan longsor ini.

"Bisa kita lihat, saat ini 70 persen sudah selesai dan tadi jam satu siang kita sudah lakukan uji coba menggunakan lokomotif dan sudah bisa dilalui dengan kecepatan 5 KM perjam," kata Dadan, Sabtu (7/12).

BACA JUGA : Longsor di Kabandungan 5 HA Sawah Tertimbun Material Longsor

Namun untuk KA Pangrango Sukabumi Bogor hingga malam nanti masih belum bisa beroperasi.

"Namun untuk perjalanan Kereta api pangrango Sukabumi - Bogor untuk hari ini semuanya batal. Kerugian untuk tiket penumpang mencapai 70 hingga 80 juta rupiah," jelasnya.

Tercatat sedikitnya 593 penumpang KA Pangrango Sukabumi Bogor perjalanannya dibatalkan.

"Itu semua tiketnya dikembalikan 100 persen," kata Executive Vice Presiden PT KAI Daop 1 Jakarta.

BACA JUGA : Peluang Sofyan Effendi Sebagai Calon Independen di Pilkada Sukabumi 2020 

Masih kata Dadan, untuk operasional KA Pangrango mendatang, PT KAI tidak akan melakukan pengurangan gerbong KA Pangrango, dipastikan Kereta akan beroperasi dengan gerbong normal seperti biasa.

"Tidak ada pengurangan gerbong. Mudah mudahan seluruhnya malam ini selesai, tinggal penyempurnaan penyempurnaan saja, jadi artinya track ini aman untuk dilalui kereta api dengan kecepatan terbatas," tandasnya.(*)